UMBandung
Islampedia

Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan

×

Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Yogyakarta — Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman mengatakan bahwa bulan Ramadan sangat istimewa salah satunya karena ada peristiwa turunnya Al-Quran.

“Ramadan sering disebut sebagai syahrur qur’an. Di samping itu, Ramadan menjadi salah satu bulan di mana waktu umat Islam di seluruh penjuru dunia membaca Al-Quran,” tutur Agus dalam acara buka puasa yang diadakan MPKS PWM DIY bekerja sama dengan UNISA di Masjid Walidah Dahlan kampus ini pada Minggu (24/03/2024).

Kegiatan ini mengundang sebanyak 1.200 santri dari Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY.

Baca Juga:  Memahami Hakikat Ramadhan Sebagai Bulan Produktivitas

Agus menjelaskan bahwa turunnya Al-Quran berproses yang dimulai dari QS Al-Alaq ayat 1-5. Secara redaksional, kata Agus, jika ayat ini merepresentasikan Nabi Muhammad SAW tatkala menerima ayat tersebut diawali dengan tidak bisa membaca.

Berulang kali diajarkan Malaikat Jibril, sampai kemudian ayat utuh turun, iqrabismi rabbikallazii khalaq. Dari sini kemudian manakala terus dihayati secara membumi, dengan spirit iqra ini menjadi salah satu rumus untuk meraih kesuksesan.

“Inti dari surah Al-Alaq para mufasir memerintahkan kalau umat Islam ingin menang dan maju, spiritnya adalah spirit iqra (baca), spirit belajar, dan spirit mencari ilmu. Siapa pun kita, kalau kita umat yang beriman rajin iqra (membaca, mencari ilmu), janji Allah, orang itu akan diangkat derajatnya,” tutur Agus.

Baca Juga:  Bermesraan dengan Istri, Apakah Membatalkan Puasa? Begini Penjelasannya

Agus mengungkapkan bahwa ayat tersebut sebagai perpaduan antara iman yang kuat dan ilmu luas serta menjadi jalan Allah SWT untuk mengangkat derajat seseorang.

“Mulai sekarang cita-cita menjadi orang yang beriman kuat, berilmu mantap, harus kita tanamkan pada diri kita,” jelas Agus.

Selain itu, Agus juga mengungkapkan bahwa salah satu dilematika yang dihadapi seseorang dalam rangka meraih kesuksesan adalah rasa malas. Ini sebagai salah satu tantangan berat bagi seluruh umat manusia.

Baca Juga:  Tanggapi Aliran Menyimpang di Cisoka, Ketua PP Muhammadiyah Ajak Masyarakat Kedepankan Logika

Oleh karena itu, sebagai langkah arif dalam membumihanguskan rasa malas, Agus minta kader Muhammadiyah melawan secara paksa dari dalam diri masing-masing.

Dengan demikian, dapat bersemangat kembali untuk menuntut ilmu meraih ilmu berkah dan manfaat agar bisa sukses.***

Seedbacklink