UMBandung
News

Kaum Milenial dan Generasi Z Lebih Suka Konten Agama Yang Singkat

×

Kaum Milenial dan Generasi Z Lebih Suka Konten Agama Yang Singkat

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Yogyakarta — Dai Muda Muhammadiyah Irfan Rizki Haas mengatakan bahwa ciri-ciri seseorang yang bertakwa ialah yang suka dan gemar dengan dakwah.

Irfan menjelaskan bahwa salah satu platform untuk berdakwah yang saat ini digemari oleh masyarakat ialah media sosial.

Hal ini sejalan dengan data yang mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara yang penduduknya paling lama menggunakan internet di dunia pada 2022 yakni 5,7 jam per hari.

Fungsi utama smartphone berdasarkan data disebutkan 59 persen digunakan untuk browsing internet khususnya media sosial.

Baca Juga:  "Menuju Mulia, Menuju Bahagia: Seni dalam Memaknai Kehidupan"

Irfan menyebutkan bahwa berdasarkan fakta tersebut, model dakwah yang saat ini digemari oleh masyarakat khususnya pada kelompok generasi milenial dan generasi z ialah dakwah yang efektif, efisien, dan hemat.

“Generasi saat ini menyukai dakwah yang memiliki powerfull narasi dan ucapan. Dari berbagai platform media sosial yang paling tinggi digunakan ialah TikTok, Instagram, dan Youtube,” jelas Irfan dalam Pengajian Ramadan 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah bertempat yang berlangsung di UMY pada Sabtu 16 Maret 2024.

Baca Juga:  Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tuntut Evaluasi PPKM

Melihat fenomena tersebut, Irfan mengajak kader-kader muda Muhammadiyah untuk berperan aktif dan menyemarakkan dakwah Muhammadiyah di media sosial.

Salah satunya yang dapat dilakukan yakni memproduksi konten video ceramah singkat yang kemudian dapat diunggah di media sosial.

“Jika satu Pimpinan Ranting saja dapat memproduksi lima konten video per harinya, Muhammadiyah akan mewarnai ribuan konten dakwah di media sosial. Belum lagi melalui jalur ortom dan juga Amal Usaha Muhammadiyah,” jelas Irfan.

Selain soal jumlah konten, Irfan juga menegaskan bahwa diperlukan isi dakwah yang sesuai dengan zamannya.

Baca Juga:  Program Studi Teknik Elektro UM Bandung Sukses Laksanakan Akreditasi

“Generasi milenial dan generasi z saat ini haus akan konten-konten dakwah dan Muhammadiyah harus mengambil peluang tersebut,” tandas Irfan.***

PMB UM Bandung