UMBandung
News

Komitmen Kemanusiaan: Lazismu Distribusikan Air Bersih Kepada Masyarakat Gaza Palestina

×

Komitmen Kemanusiaan: Lazismu Distribusikan Air Bersih Kepada Masyarakat Gaza Palestina

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Gaza — Masalah kemanusiaan di Palestina terus menjadi sorotan dunia. Berbagai aksi kepedulian muncul di negara-negara Barat, Eropa, Asia, dan benua lainnya. Resolusi Dewan Keamanan PBB yang dikeluarkan pada akhir tahun 2023 tidak memiliki kekuatan dan dampak yang signifikan bagi warga Palestina. Bantuan yang dibutuhkan sulit masuk dan dinikmati oleh para penyintas.

Lazismu, sebagai lembaga amil zakat nasional yang berkolaborasi dengan MuhammadiyahAid, terus memberikan bantuan. Pada bulan Ramadan lalu, Lazismu menyalurkan bantuan makanan untuk rakyat Palestina. Selain itu, bantuan alat kesehatan untuk mendukung paramedis juga telah disalurkan. Lazismu bekerja sama dengan Rumah Sakit Palestina di Mesir dan The Palestine Red Crescent Society pada awal tahun 2024. Bantuan tersebut berupa dua unit defibrillator otomatis eksternal dan satu unit diathermy.

Komitmen kemanusiaan Lazismu semakin kuat dengan distribusi air bersih di tiga lokasi pada 8 dan 9 Juni 2024. Mitra kolaborasi Lazismu di Palestina, Gazze Destek Derneği (GDD) melalui Yaseen Assayyid selaku Manajer Proyek GDD, menyatakan bahwa tiga lokasi yang menerima bantuan air bersih adalah Gaza sebanyak 70.000 liter, Deir al-Balah sebanyak 50.000 liter, dan Khan Yunis sebanyak 39.000 liter.

Lebih lanjut, Yaseen merinci bahwa distribusi air bersih di Gaza juga dilakukan pada 10 dan 11 Juni 2024. “Penerima manfaat dari penyaluran air bersih ini sebanyak 15.900 orang atau sekitar 3.975 keluarga. Di lapangan, kami mengerahkan 20 unit tangki air agar air bersih dapat sampai tepat sasaran,” jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah pada Sabtu (15/06/2024).

Baca Juga:  Resmi Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Banyumas Siap Bangun Masyarakat dan Dakwah Multisektor

Sementara itu, Direktur Program Lazismu Pusat, Ardi Luthfi Kautsar, mengucapkan terima kasih kepada semua donatur yang telah mempercayakan amanahnya kepada Lazismu. “Alhamdulillah, program distribusi air bersih dari Lazismu yang berkolaborasi dengan GDD di Palestina telah terlaksana,” ujarnya.

Pendistribusian ini merupakan komitmen Lazismu sebagai pengelola dana bantuan kemanusiaan. Melalui program bantuan air bersih ini, Ardi berharap semangat perjuangan saudara-saudara kita di sana terus terjaga. Program-program seperti ini akan terus dilakukan oleh Lazismu, selain program perdamaian jangka panjang dan rehabilitasi jika perang ini berakhir. “Adapun yang terdekat, Lazismu juga akan menyalurkan bantuan hewan kurban untuk rakyat Palestina,” tutupnya.

PMB UM Bandung