Mahasiswa UMBandung Berhasil Jadi Juara 1 INDUROC SRAM Tingkat Men Pro

oleh -
Rama Teguh Adi Pratama (kedua dari kanan) berhasil menjadi juara 1 di kejuaraan Nasional Indonesia Enduro Championship (INDUROC) SRAM pada tingkat Men Pro (Elite) tahun 2021

BANDUNGMU.COM – Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Rama Teguh Adi Pratama berhasil menjadi juara 1 di kejuaraan Nasional Indonesia Enduro Championship (INDUROC) SRAM pada tingkat Men Pro (Elite).

Rama menyabet gelar bergengsi ini saat gelaran balap sepeda ekstrem atau biasa disebut downhill dilaksanakan di daerah puncak Tangkuban Parahu pada Minggu 13 Juni 2021 lalu.

Menurut Rama, jalur yang dilalui pada perlombaan tersebut terbilang cukup ekstrem. Yakni dengan beberapa karakteristik pada jalur, seperti akar, tanah yang lembap, dan tingkat kecuraman.

”Start yang dimulai dari ketinggian 1.800 ke atas memiliki tingkat kecuraman yang memang elevasinya sangat curam karena mulai dari start puncak Tangkuban Parahu sampai ke bawah,” ucap mahasiswa UMBandung angkatan 2018 belum lama ini.

Elevasi yang curam, menurutnya, membuat oksigen yang berada di ketinggian puncak semakin menipis.

Namun sebagai altet profesional, Rama sudah bisa mengatur tempo akan hal tersebut. Kemudian dia juga mampu mengatasi jalur yang terbilang terjal sehingga mengantarkannya menjadi jawara pada kejuaran tersebut.

Awal karier

Rama mengaku, dia memulai karier bersepada sejak ia menginjak bangku sekolah dasar. Saat itulah dia mengikuti perlombaan sepeda pertamanya.

”Alhamdulilah awal mula bisa balap sepeda itu berawal dari naik sepeda dulu waktu SD diajak main-main sama teman-teman komunitas. Balapan pertama waktu kelas 6 SD, balapan BMX di Sumedang, Jawa Barat,” ucap  Rama.

Hobi yang ia tekuni tersebut sempat terhenti saat memasuki SMP hingga SMA di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut, Jawa Barat.

”Tiga tahun Sawaniah vakum dari olahraga sepeda. Nah, masih di pesantren yang sama, kebetulan saya juga masuk SMA-nya, ada teman yang ngajak balap sepeda, balap sepeda downhill, alhamdulilah mulai dari situ diberi kesempatan buat bisa ikut sampai sekarang,” lanjutnya.

Meskipun bertolak belakang antara olahraga ekstrem tersebut dengan basiknya di pesantren, tetapi ia mendapatkan dukungan dari teman-teman hingga pembinanya di pesantren yang mengizinkannya ikut lomba downhill untuk pertama kali.

”Saya berharap dapat mampu bertahan di panggung podium dan dapat mengikuti kejuaraan ENDURO WORLD SERIES (EWS) yang akan segera berlangsung dalam waktu dekat. Sebelumnya saya berada di posisi 124 tingkat dunia EWS,” tegasnya.

Mahasiswa religius

Ditemui secara terpisah, Kaprodi Administrasi Publik UMBandung H. Endang Irawan, S.Sos., M.AP., mengaku bangga terhadap torehan prestasi salah satu mahasiswanya.

Endang mengatakan, memang Rama sebelumnya sudah mengukir prestasi di bidang olahraga ekstrem tersebut, baik level nasional maupun internasional.

”Ketika izin race kemarin pun sama seperti biasa dan saya sudah yakin kalau Rama pasti juara, karena di tingkat internasional dengan race yang baru saja bisa juara, apalagi di race lokal yang medannya pasti sudah dikuasai,” ujar Endang.

Endang menuturkan, Rama merupakan sosok mahasiswa yang terbilang religius, rajin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bandung.

”Memang tidak jarang masuk ke kelas ketika ikut race. Namun, Rama termasuk mahasiswa yang rajin dan bertanggung jawab sehingga ketika kehadirannya di kelas dirasa kurang, dia selalu minta pengganti, baik masuk intensif maupun dengan tugas. Jika di kelas, dia termasuk aktif, apalagi ketika ada diskusi,” lanjutnya.

Endang berharap, Rama tetap istikamah menjadi mahasiswa yang ramah, bertanggung jawab, dan selalu melaksanakan Chatur Dharma khususnya di lingkungan UMBandung.

”Harapan kami untuk Rama, tetaplah menjadi mahasiswa yang ramah, menjadi mahasiswa yang tetap dapat melaksanakan Catur Dharma di lingkungan Prodi Administrasi Publik UMBandung dan terus meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” pungkas Endang.*** (Rep-FK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *