News

Mantap! Japan Islamic Trust Sediakan Lahan di Tokyo Untuk Dibangun Sekolah Muhammadiyah

×

Mantap! Japan Islamic Trust Sediakan Lahan di Tokyo Untuk Dibangun Sekolah Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima silaturahim organisasi Islam asal Jepang, Japan Islamic Trust (JIT), pada Selasa (21/11/2023).

Untuk diketahui, Japan Islamic Trust merupakan lembaga keagamaan resmi yang berpusat di Tokyo – Jepang.

JIT yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Harun Quraisyi dan Mrs Satomi Ogata disambut langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas dan Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman.

Pada silaturahim tersebut, JIT disebut menawarkan sebidang tanah di ibu kota Jepang, Tokyo, bagi Muhammadiyah untuk dibangun sebuah sekolah Islam.

Baca Juga:  Muhammadiyah Tidak Anti Budaya Lokal

“Beliau (JIT) berencana untuk membangun kolaborasi salah satunya adalah akan mendonasikan sebidang tanah di Tokyo untuk membangun sekolah Muhammadiyah,” ungkap Alpha Amirrachman seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Mengiyakan informasi Alpha, Sekjen JIT, Harun Quraisyi menyebut jika kaum muslimin di Jepang membutuhkan lebih banyak sekolah Islam.

Sebab menurut riset, kata dia, 90 persen anak-anak muslim yang sekolah di Jepang kehilangan identitas kemuslimannya.

Sejauh ini sekolah berbasis Islam di Jepang baru ada enam. Kebutuhan ini kata Harun mendorong JIT untuk melakukan kolaborasi dengan Muhammadiyah.

Baca Juga:  Ibu-ibu Kota Bandung Sulap Pakaian Bekas Jadi Kebaya Baru

Apalagi Muhammadiyah menurut Harun telah dikenal secara global sebagai organisasi yang sukses menggarap bidang pendidikan sampai di mancanegara seperti Australia dengan Muhammadiyah Australia College (MAC).

“Saya banyak mendengar tentang organisasi Muhammadiyah yang fokus pada pendidikan Islam di Indonesia. Jadi, hari ini saya datang dan saya meminta Muhammadiyah untuk maju membantu kami di Jepang untuk memulai sekolah Islam,” ujarnya.

Jika membangun sekolah Islam berhasil, peluang untuk mendirikan universitas Islam di Jepang kata dia sangat potensial.

Baca Juga:  Selesai Dinilai Asesor BAN-PT, Kaprodi AP: Semoga Hasilnya Sesuai dengan Harapan

Maka, JIT yang kini juga memiliki Masjid di Otsuka, kata Harun, sangat menantikan sambutan dari Muhammadiyah.

“Dengan keterbatasan sumber daya yang kami miliki, kami dengan senang hati mendukung Muhammadiyah. Maka dari itu kami memohon untuk kerja sama ini dan kami memastikan bahwa Jepang adalah negara di dunia yang paling mudah untuk melakukan dakwah,” tegasnya.

Japan Islamic Trust merupakan organisasi nonprofit yang dibangun pada 17 Februari 1994. Organisasi ini terdaftar sebagai sebuah cabang perusahaan berbasis agama sejak 1997.***