Mau Tanaman Janda Bolong di Rumahmu Makin Cantik? Perhatikanlah Cara Merawatnya

oleh -
Foto: casaindonesia.com

BANDUNGMU.COM – Selama pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang memiliki hobi baru, salah satunya mengurus tanaman di rumah. Ada berbagai jenis tanaman yang dipelihara.

Dari banyaknya tanaman hias yang laris di pasaran, tanaman janda bolong dengan warna dan bentuk daun yang menjadi primadona. Tanaman ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia.

”Janda bolong tersangat tanaman yang baik tumbuh di dalam ruangan. Apalagi kalau di rumah sangat cocok untuk hiasan sehingga menimbul warna hijau,” ucap dosen agribisnis Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung), Reza Fikri Alfatah, seperti dikutip dari laman Youtube resmi Universitas Muhammadiyah Bandung, Rabu (03/02/2021).

Tanaman janda bolong pertama kali ditemukan di Benua Amerika, bagian tengah sampai selatan. Adapun di Indonesia, janda bolong termasuk tanaman jenis baru.

Reza menambahkan bahwa janda bolong di habitat aslinya hidup di daerah tropis. Hampir sama dengan iklim yang di Indonesia.

“Di Amerika juga sama, janda bolong dipakai sebagai hiasan ruangan di dalam rumah,” kata Reza menambahkan.

Tanaman yang harganya mahal ini, termasuk jenis monstera. Adapun di tempat aslinya dikenal dengan nama the Swiss cheese plant.

Tanaman ini di Indonesia dikenal luas dengan nama janda bolong. Sebabnya, tanaman ini memiliki lubang-lubang seperti keju.

Secara umum, tambah Reza, janda bolong cukup aman ditanam di dalam ruangan. Tidak akan menimbulkan masalah apa pun. Asalkan posisinya tidak dijangkau.

“Hanya perlu diperhatikan bagi Anda pencinta kucing dan anjing, harus ekstra hati-hati. Karakter kucing ataupun anjing suka menjilat benda asing di sekitarnya. Kalau sampai daun janda bolong terjilat, mulut kucing dan anjing itu akan terkena alergi, terasa kaku, dan berliur,” ucap Reza.

Reza juga mengingatkan bahwa hal yang sama akan terjadi kepada bayi apabila menjilat daun janda bolong. Oleh karena itu, letakanlah janda bolong di ruangan itu dengan aman.

Adapun untuk merawat janda bolong dengan baik, tidak terlalu sulit. Cukup dengan memperhatikan media tanamnya. Misalnya, siapkan saja tanah berpasir dicampur kompos.

Komposisinya ialah satu banding satu. Hal tersebut sudah cukup untuk nutrisi janda bolong.

Langkah selanjutnya ialah letakanlah janda bolong di area yang cukup sinar. Selain itu, perhatikan juga mengenai kelembapan ruangan tersebut. Karena janda bolong berasal dari daerah tropis, kondisikanlah tanaman ini seperti layaknya di daerah asalnya.

“Terakhir, pangkaslah daun-daun janda bolong yang ada di bagian bawah. Tujuannya agar tanaman janda bolong tidak terinfeksi penyakit. Lakukanlah perawatan ini dengan baik agar daun janda bolong bisa tumbuh semakin besar,” pungkas Reza.

One thought on “Mau Tanaman Janda Bolong di Rumahmu Makin Cantik? Perhatikanlah Cara Merawatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *