News

Menggali Era Literasi Digital: Fachrodin Award 2023 Sebagai Tonggak Baru Muhammadiyah

×

Menggali Era Literasi Digital: Fachrodin Award 2023 Sebagai Tonggak Baru Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad memberikan apresiasi tinggi terhadap Fachrodin Award 2023 sebagai inisiatif positif yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Dalam acara Anugerah Fachrodin Award yang berlangsung di Jakarta pada Selasa (28/11/2023), ia menyebut bahwa MPI PP Muhammadiyah adalah ujung tombak bagi perkembangan Muhammadiyah di abad kedua.

Menurut Ketua BPH UM Bandung ini, Muhammadiyah berhasil mengukir prestasi gemilang di abad pertamanya melalui pendirian institusi pendidikan dan kesehatan.

Namun, abad kedua ini, kata Dadang, yang digambarkan sebagai era literasi digital, menghadirkan tantangan baru yang harus dihadapi oleh MPI PP Muhammadiyah.

“Ini adalah abad literasi digital, ini bentuk tantangan yang harus dihadapi MPI, harus membuat program penguatan literasi digital,” ujar Dadang sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga:  Ini Pengertian Islam, Tujuan Agama, dan Sumber Ajaran Islam Menurut Muhammadiyah

Dadang mendorong anggota Muhammadiyah untuk meningkatkan literasi digital karena pentingnya peran internet dalam kehidupan sehari-hari.

Fachrodin Award 2023 diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi digital di kalangan warga Muhammadiyah.

Meningkatkan pemahaman literasi

Lebih lanjut, Dadang menyampaikan beberapa manfaat dari Fachrodin Award 2023.

Pertama, kegiatan ini dianggap sebagai bentuk penghormatan dan kelanjutan dari cita-cita Fachrodin sebagai tokoh Muhammadiyah dan Pahlawan Nasional yang berdedikasi pada literasi jurnalistik.

“Ini merupakan satu kegiatan yang sangat positif melanjutkan cita-cita Fachrodin sebagai tokoh jurnalistik nasional dari kalangan Muhammadiyah,” ucap Dadang.

Kedua, Fachrodin Award 2023 diakui sebagai sarana untuk mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan yang berlangsung di berbagai daerah Muhammadiyah.

Sebagai penghargaan yang mengangkat isu-isu lokal, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata tentang peran dan kontribusi Muhammadiyah di seluruh pelosok Tanah Air.

Baca Juga:  Inilah 4 Bekal Membentuk Jiwa Kepemimpinan dalam Keluarga

“Kita tahu banyak tulisan mengenai kegiatan lokal, tokoh lokal, ataupun aktivitas Muhammadiyah lainnya di pelosok-pelosok negeri,” tambah Dadang.

Ketiga, Fachrodin Award 2023 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Muhammadiyah untuk lebih aktif dalam menulis dan membaca.

Dengan tingkat minat baca yang masih rendah di Indonesia, Dadang melihat kegiatan ini sebagai pemicu yang potensial untuk meningkatkan minat membaca dan menulis di kalangan masyarakat.

“Rata-rata orang Indonesia yang mau membaca itu hanya 0,01 persen. Dengan adanya kegiatan ini, tentu ini memicu untuk membaca dan menulis. Inilah mengapa kegiatan ini mesti terus ditingkatkan,” ucap Dadang.

Fachrodin Award 2023 tidak hanya menjadi ajang penghargaan.

Baca Juga:  UM Bandung Gelar Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah, Sandiaga Uno dan Sahrul Gunawan Hadir

Namun, merupakan momentum untuk membangun literasi digital, mewarisi semangat jurnalistik, dan memperkuat peran Muhammadiyah di tengah dinamika abad kedua yang penuh dengan kemajuan teknologi informasi.

Malam penganugerahan Fachrodin Award 2023 turut dihadiri Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim, Ketua Majelis Pustaka Informasi (MPI) PP Muhammadiyah Muchlas, Sekretaris Lazismu Pusat Gunawan Hidayat, serta perwakilan MPI dari seluruh Indonesia.

Para peraih Fachrodin Award 2023 juga turut hadir untuk menerima penghargaan.

Adapun peraih Fachrodin Award 2023 selengkapnya Kategori Lomba Penulisan yaitu juara 1 Nur Annisa Immaduddin, Juara 2 Ganjar Sri Husodo, Juara 3 Efi Nurul Utama.

Sementara itu, kategori konten video juara 1 Andy Prasetya, juara 1 Adhani Rahmanda, juara 3 Tim SD Muhammadiyah PK Kottabarat.***