UMBandung
Opini

Mengintensifkan Amal Kebaikan di Bulan Ramadhan

×

Mengintensifkan Amal Kebaikan di Bulan Ramadhan

Sebarkan artikel ini

Oleh: Dadang Kahmad, Ketua BPH UM Bandung

BANDUNGMU.COM – Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Datangnya bulan mulia ini sangat dinantikan oleh semua umat Islam di seluruh dunia.

Di bulan suci ini, menurut Rasulullah SAW, dibuka lebar pintu surga, ditutup rapat pintu neraka, setan-setan dibelenggu, dan ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Oleh karena itu, wajib kita untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan baik. Kemudian mengisinya dengan amalan-amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sehingga kita bisa memperoleh berkah pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Membaca Al-Quran

Di samping puasa, kita juga dianjurkan untuk membaca Al-Quran (qira’atul qur’an). Pasalnya, pada Ramadhan inilah Allah SWT menurunkan Al-Quran.

Baca Juga:  Ideopolitor Muhammadiyah Jabar, Momentum Bergerak dan Berdaya Guna

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS Al-Baqarah [02]: 185).

Oleh sebab itu, pada bulan Ramadhan ini, hendaklah kita mengintensifkan membaca Al-Quran. Tentu di samping membaca mushaf dan artinya, kita juga sejatinya mentadaburi isi kitab suci Al-Quran.

Salat malam

Amalan selanjutnya yakni qiyamul lail atau salat malam. Kita mungkin sudah terbiasa salat malam di bulan-bulan selain Ramadhan. Namun, pada bulan Ramadhan, salat malam harus kita intensifkan secara maksimal.

“Barang siapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Robert Mengaku Mendapat Banyak Hal Positif dari Pertandingan Uji Coba

Berlipatnya pahala sedekah

Amalan selanjutnya ialah sedekah. Meskipun sedekah di bulan-bulan lain juga memiliki nilai tinggi, tetapi sebaik-baik sedekah, kata Rasuluallah SAW, yakni sedekah pada bulan Ramadhan.

Umat Islam sejatinya bisa meningkatkan lagi sedekah di bulan Ramadhan. Pasalnya, Allah SWT akan meningkatkan pahala dan balasan luar biasa atas sedekah tersebut.

Iktikaf di masjid

Amalan selanjutnya ialah iktikaf untuk beribadah di masjid. Iktikaf di masjid merupakan anjuran Islam yang sangat luar biasa bagus untuk kita laksanakan.

Kalau kita setiap hari di bulan lain, misalnya ketika Zuhur mungkin hanya iktikaf lima hingga sepuluh menit, pada Ramadhan ini iktikaflah minimal satu jam. Tentu di samping nanti iktikaf-iktikaf yang dilakukan pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Baca Juga:  Inilah 7 Alasan Mengapa Metode Wujudul Hilal Belum Usang

Itu pun berlaku bagi orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan yang menyita waktu. Namun, kalau kita punya pekerjaan yang minta waktu, lebih baik kita mengutamakan pekerjaan.

Oleh karena itu, sekali lagi marilah kita semua isi bulan Ramadhan ini dengan amalan-amalan yang baik. Terutama berbuat baik kepada sesama di samping hablum minallaah (hubungan baik terhadap Allah SWT).

Dengan amalan seperti itu, insyaallah puasa dan ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini akan menjadi ibadah dan puasa yang bermakna di sisi Allah SWT.

Semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan menerima amal kita serta mengampuni segala kesalahan kita. Amin.***

PMB UM Bandung