Musda IKAPI Jabar Pilih Kembali Mahpudi

oleh -

BANDUNGMU.COM- Peserta Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat secara aklamasi memilih kembali Drs. Mahpudi, MT sebagai Ketua untuk masa bakti 2021-2026. Perhelatan lima tahunan organisasi penerbit buku yang telah berusia 71 tahun ini berlangsung di Graha Kadin Jabar jalan Ibu Inggit Garnasih No.30C Bandung, Sabtu (20/3/2021).

Sebelumnya, Mahpudi yang berasal dari Penerbit Paramedia Komunikatama telah memimpin IKAPI Jabar untuk masa bakti 2016-2021.

Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha melantik Mahpudi. Akibat Covid-19, Musda IKAPI bertajuk Pemberdayaan Penerbit Pasca Pandemi Covid-19, dilakukan secara daring dan diikuti peserta dari utusan DPC IKAPI se Jawa Barat, Dewan Pertimbangan, Dewan Pembina, serta anggota penerbit sebagai peninjau.

Dalam sambutannya Arys Hilman Nugraha menyampaikan bahwa kondisi Pandemi Covid-19 berdampak lebih buruk bagi industri perbukuan di Indonesia.

Menurut Arys, di negara-negara maju seperti Inggris konsumsi buku, baik buku cerita anak, novel, maupun buku umum, justru mengalami peningkatan, namun di Indonesia yang terjadi sebaliknya. Ini tiada lain karena budaya literasi Indonesia masih rendah. Jadi ketika masyarakat harus berdiam di rumah untuk beberapa waktu buku bukan prioritas untuk dibaca.

Arys menunjukkan bahwa pada  tahun 2016 peringkat Indonesia dalam indeks literasi dunia  berada di posisi 60 dari 61 negara yang disurvey. Selanjutnya Arys  menyoroti tingkat budaya literasi di Jawa Barat pun  tergolong rendah.

Dengan menunjuk indeks  literasi nasional, Arys menegaskan Jawa Barat berada di posisi 10 dari 34 provinsi yang disurvey.

“Semua itu karena akses masyarakat terhadap buku memang sangat kurang. Untuk itu, perlunya pemerintah Provinsi melakukan langkah-langkah dalam mengatasi hal ini, antara lain dengan  melibatkan IKAPI dan para penerbit anggotanya di Jawa Barat,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *