UMBandung
News

Pak Uu Dorong Orang Tua Seimbangkan Pendidikan Duniawi dan Ukhrawi pada Anak

×

Pak Uu Dorong Orang Tua Seimbangkan Pendidikan Duniawi dan Ukhrawi pada Anak

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi keluarga (Foto: Unsplash).

BANDUNGMU.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong orang tua dan wali murid untuk seimbangkan pendidikan duniawi dan ukhrawi kepada anaknya.

Hal itu dikatakan Pak Uu—sapaan akrabnya—usai memberikan sambutan dalam acara peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Tasyakur Khotmil Quran 30 Juz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Idrisiyah, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

“Kalau anak selalu diberikan pendidikan duniawi tanpa didampingi ukhrawi, saya khawatir mereka akan jadi orang yang sekuler di masa yang akan datang, yang selalu memikirkan tentang masalah duit, jabatan, dan pekerjaan,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jabar.

Baca Juga:  Tim Tapak Suci UM Bandung Sabet 7 Medali dalam Kejuaraan Silat D2AM

Pak Uu menuturkan, keseimbangan pendidikan duniawi dan ukhrawi sangat penting agar anak dapat memahami nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.

“Kita manusia akan mati, dan yang dibawa adalah amal ibadah. Amal perbuatan kita bisa diterima kalau kita punya ilmunya,” katanya.

“Oleh karena itu, saya minta seluruh masyarakat Jabar, sebagai implementasi dari agama, termasuk juga implementasi dari tujuan pendidikan nasional, juga implementasi dari visi Jabar Juara Lahir dan batin, maka pendidikan duniawi dan ukhrawi harus ada keseimbangan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jalan Sehat dan Perlombaan Milad 6 Tahun UM Bandung Disambut Antusias Mahasiswa

Pemda Jabar sudah meluncurkan beberapa program dalam rangka menyukseskan visi Jabar Juara di bidang batin, di antaranya program satu desa satu hafidz (Sadesha), one pesantren one product (OPOP), dan english for ulama.

Pak Uu mengapresiasi dan menghaturkan terima kasih kepada pihak Ponpes Tahfidz Al-Idrisiyah Kabupaten Bogor. Ia mengatakan, ponpes merupakan garda terdepan pendidikan ukhrawi masyarakat di Jabar.

“Saya sangat bangga, senang ada ponpes ini. Atas nama Provinsi Jabar, saya ucapkan terima kasih ponpes ini telah membantu membangun keimanan warga Jabar, khususnya di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Gelontorkan Rp 35,35 Miliar untuk Rutilahu di Sumedang, Bupati Sambut Gembira!

“Jadi, saya ke sini juga untuk meminta bantuan, karena program Jabar bukan hanya juara lahir, tetapi ingin juara di bidang batin, di mana juara batin di situ adalah fungsinya para kiai dan ulama,” tambahnya.***

PMB UM Bandung