UMBandung
News

Pelatihan Multitalent BTM Mujahidin: Pembekalan Keterampilan dan Regenerasi Tunas Muda Kader Dakwah Muhammadiyah

×

Pelatihan Multitalent BTM Mujahidin: Pembekalan Keterampilan dan Regenerasi Tunas Muda Kader Dakwah Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Badan Takmir Masjid (BTM) Mujahidin berkolaborasi dengan Lazismu dan Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat mengadakan Pelatihan Multitalent pada Senin (11/03/2024).

Pelatihan ini bagian dari euforia menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H dengan tagline Ramadhan Produktif & Solutif Bersama Mujahidin.

Pelatihan Multitalent ini dilaksanakan selama empat hari dari Senin-Kamis (11-14/03/2024).

Agenda ini dihadiri 34 peserta yang merupakan perwakilan sekolah dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak di bawah naungan Muhammadiyah sekitar Masjid Raya Mujahidin PWM Jawa Barat.

Baca Juga:  Lengser Adat Meriahkan Pelepasan dan Kenaikan Tingkat RA Aisyiyah Cimalaka

Pelatihan Multitalent diselenggarakan bertujuan memberikan bekal keterampilan kepada kader muda Muhammadiyah sebagai calon penerus dakwah Muhammadiyah.

Selama empat hari para peserta akan memelajari secara teori dan praktik pemulasaraan jenazah, menjadi imam, khatib dan mubaligh, pengelolaan harta pusaka (ilmu waris) serta penyembelihan hewan.

Ustadz dan ustadzah yang menjadi fasilitator kegiatan merupakan praktisi kawakan dalam bidangnya masing-masing.

Misalnya pakar hukum Islam Ayi Yunus dan Siah Khosyi’ah, imam Masjid Mujahidin Ustadz Jalaluddin Rumi Durachman, Ustadz Dachlan Ramli, Ustadz Ating Suwardi, dan Ustadzah Ai Rosita.

Baca Juga:  Semarak Milad 111 Tahun Muhammadiyah, PDM Bantul Selenggarakan Jalan Sehat

Sekretaris BTM Mujahidin Sani Sonjaya sekaligus Manajer Program Lazismu Jawa Barat mengungkapkan bahwa pelatihan multitalent ini sebuah upaya untuk menyiapkan generasi muda kader dakwah Muhammadiyah yang memiliki pemahaman fikih juga menguasasi keterampilan sesuai dengan syariat.

Ia menambahkan antusiasme dari pimpinan di daerah untuk turut serta cukup tinggi. Namun, untuk pelaksanaan dari Senin hingga Kamis ini baru untuk remaja di Kota Bandung.

Harapannya setelah kegiatan di awal Ramadhan ini dapat jadi prototipe program bagi pimpinan Muhammadiyah, baik ranting, cabang, daerah, maupun amal usaha Muhammadiyah se-Jawa Barat.

Baca Juga:  Inspirasi Sang Profesor

Pekan sebelumnya BTM Mujahidin juga telah menyelenggarakan Pesantren Lansia: Bimbingan Ibadah Puasa bagi Adi Yuswa sebagai pembuka rangkaian kegiatan Ramadhan Masjid Raya Mujahidin PWM Jawa Barat.

Selain itu pembagian takjil program buka puasa, tarawih, iktikaf menjadi kegiatan rutin sepanjang Ramadhan ini.***

PMB UM Bandung