UMBandung
News

Perayaan Milad 111 Tahun Muhammadiyah di Soreang Akan Dihadiri Ustaz Adi Hidayat dan Muhadjir Effendy

×

Perayaan Milad 111 Tahun Muhammadiyah di Soreang Akan Dihadiri Ustaz Adi Hidayat dan Muhadjir Effendy

Sebarkan artikel ini
Ketua PWM Jawa Barat Prof Dr Ahmad Dahlan MAg.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Ribuan pengurus, kader, warga, dan simpatisan Muhammadiyah akan memenuhi Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan area sekitarnya pada Sabtu 16 Desember 2023 dalam rangka puncak resepsi Milad Muhammadiyah ke 111.

Beragam acara dilaksanakan, mulai dari perlombaan sebelum acara puncak, seperti lomba pembuatan video pendek dan penulisan artikel, perlombaan olahraga, serta kegiatan lainnya.

“Insya Allah besok pagi akan ada gerak jalan pada pagi harinya, lanjut ke acara Resepsi Milad Muhammadiyah ke 111. Pidato milad akan disampaikan Pak Menko PMK Prof Muhadjir Effendy yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tausiyah akan disampaikan oleh Ustad Adi Hidayat. Dihadiri semua Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Jawa Barat,” jelas Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Ahmad Dahlan di Jalan Sancang Nomor 6 Bandung pada Jumat (15/12/2023).

Para tamu undangan dan 27 Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah bersama Pimpinan Cabang dan Rantingnya akan menghadiri acara tersebut. Termasuk akan hadir pula pimpinan amal usaha yang ada di Jawa Barat.

Baca Juga:  Tujuh Petunjuk Teknis Publikasi pada Gunung Djati Conference Series (GDCS) Ala Rumah Jurnal UIN Bandung

“Akan ada banyak bus yang hadir dan bergabung dari daerah. Kami ingin bergembira, merayakan milad penuh rasa syukur dan tentu saja merenungi pencapaian dan proses yang telah dilakukan selama ini,” tegasnya.

Ada hadiah utama umrah yang akan diberikan, juga berbagai hadiah hiburan dalam acara jalan santai tersebut. Selain itu, juga akan diberikan secara simbolis bantuan sosial kepada panti asuhan dan warga kurang mampu.

“Ada pemeriksaan kesehatan gratis juga yang disiapkan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung dan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Selatan,” katanya.

Muhammadiyah Jabar Achievment Award

Dalam acara resepsi milad tersebut, sejumlah tokoh pendiri Muhammadiyah akan diberikan anugerah berupa Muhammadiyah Jawa Barat Achievment Award.

Diberikan kepada keluarga tokoh pendiri Muhammadiyah di Jawa Barat yang akan diterima keluarganya. Seperti kepada Bapak H Djamhari, KH Hanbali Ahmad, KH Iping Zaenal Abidin, KH Muhammad Miskun Asy-Syatibi, KH Omo Suyatna, dan KH M Usman.

Baca Juga:  Ini Alasan TV Analog Bermigrasi ke Digital, Agung Suprio: Tumbuhkan Industri Kreatif

“Tahun 2023 ini sementara kepada beliau-beliau dulu. Insya Allah semua tokoh pendiri akan kami berikan penghargaan. Ini hanya ucapan terima kasih kecil kami sebagai pengurus saat ini kepada mereka yang telah berjasa bagi Muhammadiyah Jawa Barat. Kami juga menyampaikan anugerah kepada Pj Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, Pangdam 3 Siliwangi, Kajati Jabar, karena kontribusinya yang luar biasa kepada kami selama ini,” jelas Prof Ahmad Dahlan.

Malahan, lanjut Prof Ahmad Dahlan, diberikan juga anugerah kepada Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rancah, yang merupakan satu-satunya Ketua Cabang Muhammadiyah perempuan. “PCM Rancah Kabupaten Ciamis itu ketuanya perempuan. Pokoknya keren dan inspiratif,” katanya.

Hanya ada satu Pimpinan Ranting Muhammadiyah di perguruan tinggi yaitu di IPB University Bogor. “Oleh karena itu, kami pun akan memberikan penghargaan kepada ketuanya. Kami juga memberikan anugerah kepada penggerak jamaah dan masjid dari Kabupaten Bandung, Ustad Sodik Mahbubi,” urainya.

Baca Juga:  Beri Kebahagiaan, Himapsi UM Bandung dan PMI Gelar Donor Darah

Pawai ambulance dan 3.000 porsi bakso Lazismu disiapkan

Ratusan ambulance dari berbagai Pimpinan Daerah dan Amal Usaha akan ikut menyemarakan puncak resepsi milad. Pawai ambulance ini merupakan bentuk komitmen layanan sosial Muhammadiyah yang menjadi ciri khas bentuk gerakan dakwahnya.

“Ambulance adalah layanan sosial, kebaikan dan memudahkan siapa pun yang membutuhkan. Itulah jati diri gerakan Muhammadiyah,” ujar Prof Lalan, sapaan akrab Ketua PWM Jabar.

Selain itu, festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan menjadi peramai acara. Peserta festival tidak dipungut biaya akan berkegiatan sejak pagi hingga selesai acara.

“Bahkan Lazismu Jawa Barat siapkan 3.000 porsi bakso untuk para peserta dan penggembira yang hadir ke lokasi kegiatan. Intinya kita bergembira dan tentu saja bergandengan tangan dengan semua pihak untuk terus memajukan Muhammadiyah Jawa Barat,” tegasnya.***

PMB UM Bandung