EkbisNews

Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital

×

Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Tasikmalaya — Era society 5.0 merupakan era di mana manusia dan teknologi berkolaborasi untuk menciptakan nilai baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan.

Dalam era ini, kemampuan berwirausaha di era digital menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi.

Namun, untuk dapat bersaing di era society 5.0, mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi tidak cukup hanya menguasai ilmu ekonomi syariah saja.

Mereka juga harus memiliki soft skill lainnya, selain skill Microsof Excel yang diselenggarakan pada 21-22 Juni lalu, skill lainnya terkait business fundamental dan digital marketing yang dapat membantu mereka dalam memulai serta mengembangkan bisnis dan mempromosikan usaha mereka secara efektif dan efisien.

Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi (FAI Unsil) mengadakan workshop bisnis digital bagi mahasiswa ekonomi syariah pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang Business Fundamental dan Digital Marketing kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa yang berada di tingkat akhir.

Baca Juga:  Ronaldo Jadi Warga Al-Muhammadiyah

Sesuai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, Dr. Asep Suryanto, S.Ag., M.Ag., “Workshop ini sejalan dengan visi Fakultas Agama Islam yang ingin enjadi Fakultas yang unggul, berwawasan kebangsaan, dan berkarakter wirausaha dengan berlandaskan nilai-nilai keislaman pada tahun 2020.”

Peserta workshop adalah mahasiswa ekonomi syariah Unsil dari berbagai angkatan, namun lebih banyak yang berasal dari tingkat akhir.

Peserta workshop sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber dan aktif bertanya dan berdiskusi. Peserta workshop juga mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti workshop ini.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang merupakan praktisi di bidang bisnis dan digital marketing.

Narasumber pertama adalah Agi Apriadi, S.E, seorang entrepreneur asal Tasikmalaya yang memiliki pengalaman di bidang event organizer (EO) dan bisnis café, yakni SWP atau Stitaco Wedding Project juga Stitaco Café, yang berawal dari bisnis cokelat Sticho yang dirintis pada saat beliau duduk di bangku kuliah di Manajemen Unsil.

Beliau membagikan ilmu tentang business fundamental, yaitu konsep-konsep dasar tentang bisnis, seperti ide bisnis.

Baca Juga:  IMM Eksyar UM Bandung Sukses Gelar Seminar, Hadirkan Pakar Ekonomi Syariah

Beliau juga memberikan tips dan trik untuk memulai dan mengembangkan bisnis, serta berbagi kisah sukses dan tantangan serta hambatan yang pernah dihadapi sebagai seorang entrepreneur.

Narasumber kedua adalah Teti Diana Ayu, seorang praktisi Digital Marketing yang berpengalaman menghandle berbagai macam proyek dan merupakan founder dari Konsultan Digital Marketing atau Digital Marketing Agency yaitu Have A Moment Studio yang berlokasi di Kota Bandung.

Beliau menjelaskan tentang Digital Marketing, yaitu pemasaran produk atau jasa melalui media digital, seperti website, sosial media, email, dan lain-lain.

Beliau juga mengajarkan cara-cara untuk membuat konten yang menarik, meningkatkan trafik, mengoptimalkan konversi, dan mengukur performa dari digital marketing.

Tidak hanya itu dalam sesi praktek terkait Digital Marketing, peserta mempelajari bagaimana membuat konten menarik terkait acara tersebut yang diunggah melalui social media Instagram.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa ekonomi syariah Unsil, terutama yang akan segera lulus. Dengan mengikuti workshop ini, mereka dapat memperluas wawasan dan meningkatkan soft skill mereka di bidang bisnis dan digital marketing.

Baca Juga:  Semangat Gerakan Taawun: Sinergi PWA Jabar dan Lazismu Untuk Sumedang

Hal ini dapat membantu mereka untuk bersaing di dunia kerja atau berwirausaha sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Workshop bisnis digital merupakan salah satu bentuk dukungan dari Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi kepada mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dalam mengembangkan potensi mereka sebagai pelaku usaha di era society 5.0.

Workshop Bisnis Digital juga merupakan salah satu upaya Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dalam menciptakan lulusan yang siap kerja, siap berwirausaha, dan siap bersaing di era society 5.0.

Oleh karena itu, mahasiswa ekonomi syariah fakultas agama islam universitas siliwangi sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk mengikuti workshop bisnis digital.

Workshop bisnis digital dapat menjadi sarana untuk meningkatkan soft skill business fundamental dan digital marketing yang sangat dibutuhkan di era society 5.0.

Workshop bisnis digital juga dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan usaha yang berbasis ekonomi syariah di era digital yang dapat memberikan value added bagi lulusan.***