Mahasiswa Ingin Dapat Cuan? Inilah Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

oleh -
Ilustrasi bisnis. (Foto: Getty Images/kokouu).

BANDUNGMU.COM – Memulai bisnis bisa dilakukan kapan saja, termasuk ketika kamu masih kuliah sekalipun. Kamu bisa memulai bisnis impianmu mulai dari hal-hal yang kecil, misalnya cari usaha sampingan. Kuliahmu lancar, cuanmu juga bertambah. Prinsipnya, jangan sampai kuliahmu terganggu.

Apa saja ide bisnis yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan kuliah? Berikut ulasannya yang dikutip dari laman resmi Binus.

Buka lapak online

Bisnis untuk mahasiswa yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah online shop. Tinggal buka akun di Instagram atau di marketplace, kamu sudah bisa menawarkan berbagai produk yang saat ini banyak diminati.

Contoh, jualan masker motif lucu, strap masker aneka gaya, thrift shop, atau makanan dan minuman. Aktivitas dagang online ini bisa kamu lakukan sambil kuliah.

Hal terpenting adalah kamu bisa atur jadwal kuliah dengan waktu berjualan. Kalau misalnya ada jadwal kuliah, kamu ikuti dulu perkuliahan online yang ada. Begitupun kalau ada tugas, segera selesaikan sebelum kamu berganti ke aktivitas berikutnya.

Kalau urusan kuliah beres, lanjut lagi dagang online shop. Mulai balas pesanan, siapkan produk, kemas, lalu kirim.

Baca Juga:  Wow! Selama 2021, Pengguna Internet Baru di Indonesia Bertambah 21 Juta

Fotografer

Punya bakat di bidang fotografi itu sungguh sebuah anugerah, lho! Kamu bisa memanfaatkannya jadi sebuah hobi yang dibayar. Misalnya, kamu ambil job memotret untuk acara pernikahan, pesta ulang tahun, foto katalog produk, atau yang lain.

Keuntungan dari jasa memotret ini tidak main-main. Kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan, bahkan menabung untuk bekal masa depan.

Namun, kalau sekarang ini job memotret jadi berkurang akibat pandemi, kamu bisa berjualan stok foto di situs fotografi. Contohnya seperti Shutterstock, iStock, 123rf, dan lainnya. Caranya, pilih dulu beberapa foto terbaikmu. Lalu, buat akun di website stok fotografi.

Kalau sudah, unggah foto tersebut, lalu berikan deskripsi agar mudah ditemukan. Nanti, kalau ada orang yang memakai fotomu, kamu akan mendapatkan fee.

Jadi tutor di tempat les

Bisnis untuk mahasiswa yang dari dulu sampai sekarang tetap diminati adalah tutor di tempat les. Bisa dibilang ini merupakan pekerjaan sampingan banyak mahasiswa, apalagi buat yang sudah tingkat akhir. Karena ilmunya sudah banyak, kamu tentu bisa mengajarkan pelajaran anak SD hingga SMA, sesuai dengan jurusan yang kamu tempuh.

Baca Juga:  Cara Aman Pesepeda Motor Lewati Jalan Rusak dan Berlubang

Semisal mahasiswa jurusan sistem informasi atau bisnis, apakah tidak bisa menjadi tutor di tempat les? Tenang, tetap bisa, kok!

Di sistem informasi, contohnya, ada mata kuliah matematika yang akan menjadi bekal kamu untuk mengajarkan anak les kamu. Kalau di bisnis, pasti ada ilmu Ekonomi yang akan membantu kamu.

Penulis lepas

Bisnis untuk mahasiswa yang satu ini cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa atau siapa pun yang suka menulis. Daripada hanya menjadi karya pribadi, lebih baik kamu jadikan tulisanmu sebagai portofolio.

Dari sana, kamu bisa dapatkan berbagai job menulis artikel lepas. Bayarannya cukup menggiurkan. Per artikelnya bisa mendapat puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Kalau sehari saja kamu bisa menulis lima artikel, kamu sudah bisa mendapatkan uang mencapai Rp100 ribu.

Lagi pula, bekerja freelance sebagai penulis lepas ini tidak terlalu sulit, kamu bisa melakukannya kapan saja. Tentu saja semakin banyak dan cepat kamu mengerjakan karya tulis, semakin banyak uang yang dihasilkan. Namun, jangan abaikan kualitas tulisanmu, ya! Tetap harus sesuai dengan brief yang diberikan.

Baca Juga:  Inilah 5 Teh yang Bisa Bantu Miliki Berat Badan Ideal

Freelance graphic designer 

Selain fotografer dan penulis lepas, bisnis untuk mahasiswa yang bisa dibilang kekinian adalah graphic designer. Apalagi kalau mengingat sekarang ini banyak perusahaan bisnis yang mengandalkan digital marketing untuk promosi produknya. Mereka menginginkan konten-konten gambar dan ilustrasi yang mampu menyampaikan pesan brand kepada masyarakat.

Jadi, jika kamu jago gambar, terutama graphic design, bisa apply freelance atau intern di berbagai perusahaan. Karena freelance atau intern, kamu tidak diwajibkan untuk mengikuti jam kantor. Kerjakan saja pesanan desain di luar waktu kuliah, baik itu pagi hari, siang, sore, atau malam.

Tertarik mencoba bisnis untuk mahasiswa? Apapun pilihanmu, tetap sesuaikan dengan bidang yang kamu sukai ya karena itu akan mempermudah bisnismu. Kuliahmu lancar, cuamu bertambah, dan relasi pun semakin banyak sehingga itu akan menjadi salah satu modal utama kamu di masa depan.***()

No More Posts Available.

No more pages to load.