Program Studi Teknik Elektro UMBandung Sukses Laksanakan Akreditasi

oleh -
Ketua Prodi Teknik Elektro UMBandung Jaya Kuncara Rosasusila, S.T., M.T.

BANDUNGMU.COM – Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah menambahkan lagi Program Studinya yaitu Teknik Elektro dalam daftar prodi yang telah diakreditasi.

Pelaksanaan akreditasi Teknik Elektro tersebut dilakukan pada 14-15 April 2021 di Ruang Rektorat UMBandung.

Terdapat dua asesor yang menjadi penilai dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT), yaitu Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi M. Soedarsono dari Universitas Indonesia dan Prof. Dr. Ir. Andani Ahmad S.T., M.T. dari Universitas Hasanuddin.

Menurut Ketua Prodi Teknik Elektro Jaya Kuncara Rosasusila, S.T., M.T., pelaksanaan akreditasi yang dilakukan oleh Prodi Elektro berjalan dengan baik dan lancar.

Jaya mengatakan perlu adanya koordinasi yang sejalan antara dosen dan taskforce (semacam gugus tugas) yang fungsinya menyiapkan borang akreditasi.

Baca Juga:  Sasar Milenial di TikTok, Konten Promosi Kampus Muhammadiyah Harus Kreatif

”Selain itu, kita juga harus mempersiapkan data-data yang diperlukan, yang di mana hal itu membutuhkan effort,” ucap Jaya saat ditanya tim Redaksi Bandungmu beberapa waktu lalu.

Jaya mengatakan, asesmen lapangan merupakan bentuk penilaian untuk membuktikan pernyataan benar atau tidak apa yang ditulis pada borang ataupun laporan kinerja program studi (LKPS).

Nantinya hal tersebut akan ditanyakan oleh para asesor. Mereka akan mengecek dan menilai.

”Jadi, semacam klarifikasi saja dari asesornya kepada kita,” lanjut Jaya.

Para asesor biasanya akan menanyakan beberapa unsur yang sudah menjadi standar, yakni sebanyak sembilan unsur seperti visi dan misi prodi, penelitian, pengabdian masyarkat, dan sebagainya.

Baca Juga:  Inilah 8 Pemandian Air Panas Keren yang Ada di Ciwidey, Patut Dikunjungi!

”Data-datanya diklarifikasi kalau memang misalnya ada data yang oke, iya oke, tetapi kalau misalkan datanya kurang untuk pembuktiannya, kita harus segera membutikannya,” kata Jaya.

Teknik Elektro UMBandung memang terbilang sebagai prodi yang baru. Namun menurut Jaya, sejumlah penilaian yang dilakukan oleh asesor terbilang baik dan positif.

Selain itu, Jaya juga mengatakan, Prodi Teknik Elektro UMBandung memerlukan perubahan untuk lima tahun ke depan terkait pengulangan akreditasi yang nantinya akan dilakukan.

”Tapi kalau misalkan Prodi Teknik Elektro siap sebelum lima tahun ke depan, maka dipersilakan untuk melakukan akreditasi ulang,” tutur Jaya.

Sebagai Kaprodi Teknik Elektro, Jaya mengaku jurusan yang ia pimpin memiliki pekerjaan rumah tersendiri. Misalnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga:  Haedar Nashir Kenang Yahya Muhaimin Sebagai Intelektual yang Rendah Hati

”Sebeneranya dari akreditasi ini membuat kita menjadi muhasabah diri, muhasabah prodi,” pungkasnya.

Ia beserta dosen Teknik Elektro UMBandung berusaha untuk membuat rencana yang matang ke depannya. Tujuannya agar Prodi Elektro UMBandung tetap bertahan dan bisa maju dalam meningkatkan kualitas serta menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Perlu menjadi catatan, di perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM), termasuk UMBandung, ada chatur dharma yang di mana kalau secara umum hanya ada tridharma. Hal inilah yang menjadi nilai plus sekaligus media pengembangan perguruan tinggi untuk mencapai kesuksesan.***

Reporter: Firman Katon

No More Posts Available.

No more pages to load.