UMBandung
News

Tadhiyah PWA Jabar Kupas Tujuh Karakter Perempuan Berkemajuan

×

Tadhiyah PWA Jabar Kupas Tujuh Karakter Perempuan Berkemajuan

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Barat meluncurkan kajian virtual yang membedah ideologi Muhammadiyah pada Jumat 31 Mei 2024.

Kajian ini, yang dinamakan Tadarus Ideologi Muhammadiyah (Tadhiyah), merupakan salah satu program unggulan dari MPK Divisi Pengkaderan Fungsional PWA Jawa Barat. Tadhiyah diselenggarakan secara rutin setiap Jumat malam pada minggu pertama dan keempat setiap bulannya, melalui platform Zoom dari pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.

Materi yang dibahas dalam Tadhiyah meliputi tujuh karakter perempuan berkemajuan, yaitu iman dan takwa, taat beribadah, akhlak karimah, berpikir tajdid, berpikir wasatiah, amaliah salehah, dan sikap inklusif.

Pertemuan pertama Tadhiyah menghadirkan Wakil Ketua yang membidangi Majelis Pembinaan Kader, Mulyati, sebagai pemateri. Ketua MPK PWA Jabar, Dewi Mulyan, bertindak sebagai moderator. Kegiatan ini diikuti oleh 131 peserta Aisyiyah se-Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Mulyati menyampaikan materi tentang iman dan takwa sebagai karakteristik pertama dari tujuh karakter perempuan berkemajuan. Ia menjelaskan bahwa tingkat keimanan tertinggi adalah muttaqin, yaitu seorang hamba yang selalu taat kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya, sehingga menjadi ahli taat, ahli ibadah, dan ahlullah.

Baca Juga:  UIN Bandung Gelar Workshop Evaluasi Diri Submit Jurnal Terindeks Scopus

Mulyati juga menekankan pentingnya keikhlasan dalam ber-Aisyiyah, dengan segala aktivitas didasarkan hanya kepada Allah. “Kader Aisyiyah harus berbahagia, selalu bersyukur dengan apa yang ada, bersabar dengan apa yang tidak ada, dan bertawakal dengan apa yang belum ada,” ujarnya.

Ketua MPK PWA, Dewi Mulyani, berharap bahwa kajian ini dapat memperkuat silaturahmi dan meningkatkan semangat belajar serta berkontribusi di Aisyiyah.***(Enuy Nurjanah)

PMB UM Bandung