UMBandung
Edukasi

Tak Hanya Jadi Project Engineer, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro UM Bandung

×

Tak Hanya Jadi Project Engineer, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro UM Bandung

Sebarkan artikel ini
Tak hanya jadi project engineer, lulusan Teknik Elektro UM Bandung pun bisa menjadi teknisi di pertambangan, teknisi di industri otomotif, dosen, dan lain-lain (Foto: PMB & Promosi UM Bandung).

BANDUNGMU.COM, Bandung — Satu lagi program studi di Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung yang prospek kerja lulusannya belum terbahas. Prodi apa itu? Ya, prodi Teknik Elektro. Apa yang dipelajari di Teknik Elektro? Nah, tentu saja para mahasiswa mempelajari tentang kelistrikan. Semua orang paham bahwa kita semua butuh listrik, bukan?

Secara spesifik, anak-anak Teknik Elektro menelaah, membuat desain, mempraktikkan komponen serta sistem yang berkaitan dengan kelistrikan. Bukan hanya berurusan dengan perkabelan, para mahasiswa TE juga akan memiliki pengetahuan tentang berbagai konsep yang ada kaitannya dengan elektronik. Asyik, bukan? Nah, lalu apa prospek kerja para lulusan Teknik Elektro UM Bandung? Mimin akan menyebutkannya segera!

1. Dosen teknik

Bagi yang berminat menjadi akademikus di sebuah kampus, tentu para lulusan sarjana Teknik Elektro harus melanjutkan ke jenjang magister atau doktor.

2. Project engineer

Apa itu project engineer? Secara sederhana, ia bertanggungjawab atas sebuah proyek perusahaan. Mulai dari merancang anggaran hingga mengawasi bidang bisnisnya.

3. Teknisi di industri manufaktur

Industri manufaktur mana sih yang nggak membutuhkan lulusan Teknik Elektro? Di perusahaan itu, selain bisa jadi staf produksi, juga menjadi engineer atau teknisi.

Baca Juga:  Tujuan Pendidikan Kemuhammadiyahan di AUM, Sejarahwan UM Bandung: Seni Bermuhammadiyah!

4. Teknisi di pertambangan

Di Indonesia, tak terhitung perusahaan tambang, baik itu batu bara, nikel, emas, dan lain-lain. Lulusan Teknik Elektro, di perusahaan itu sangat dibutuhkan, terutama menjadi teknisi kelistrikan.

5. Teknisi di industri otomotif

Tak hanya di luar negeri, para lulusan Teknik Elektro juga dibutuhkan di dalam negeri. Sebagai yang ahli di bidang kelistrikan, maka mereka cocok bekerja di industri otomotif.

6. Pegawai pemerintah alias ASN

Setiap tahun pemerintah membuka lowongan ASN. Peluang ini tentunya tak boleh disiasiakan oleh lulusan Teknik Elektro. Salah satunya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Baca Juga:  Ditandai Penyerahan SK, Dosen STIEM Resmi Bergabung dengan UM Bandung

Itulah 6 di antara prospek lulusan Teknik Elektro UM Bandung yang dapat Mimin himpun. Sebenarnya masih banyak peluang kerja bagi lulusan Teknik Elekto. Dan itu semua bergantung dari sarjana TE menangkap peluang. Yu, semangat, ya!***(CH)

PMB UM Bandung