UMBandung
Islampedia

Temu Jemaah Haji Muhammadiyah di Makkah, Anwar Abbas Tekankan Pentingnya Fokus Ibadah

×

Temu Jemaah Haji Muhammadiyah di Makkah, Anwar Abbas Tekankan Pentingnya Fokus Ibadah

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Makkah – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi mengadakan Temu Jemaah Haji Muhammadiyah pada Rabu (12/06/2024) di Musala Hotel Safwat Al Sharooq, Raudhah, Makkah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas, Bendahara Umum PP Muhammadiyah Hilman Latief, Homaidi Hamid dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ketua Umum PPNA Ariati Dina Puspitarini, Rektor UMS Sofyan Anif, serta jajaran PCIM dan Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Arab Saudi.

Dalam amanatnya, Anwar Abbas berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan aman. Dia juga mendukung program yang dilaksanakan oleh Dirjen PHU Kemenag untuk menjaga keberlanjutan dana haji, sehingga jemaah haji pada tahun-tahun mendatang dapat merasakan manfaat dari pengelolaan dana haji tersebut.

Baca Juga:  Kuota Haji Indonesia Kembali Normal dan Tanpa Batasan Usia, Ini Respons Ketua PP Muhammadiyah

Anwar Abbas, yang ditunjuk sebagai Amirul Hajj oleh Pemerintah Republik Indonesia tahun ini, berpesan kepada seluruh jemaah haji asal Indonesia untuk fokus dan khusyuk dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji, serta memperbaiki niat hanya karena Allah SWT. “Khususnya bagi yang baru pertama kali ke tanah suci, dan seluruh jemaah haji lainnya, supaya fokus pada ibadah. Jangan habiskan waktu untuk selfie (swafoto), karena tugas kita di sini adalah untuk beribadah,” pesan Anwar Abbas seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga:  Doa dan Perubahan Sosial

Dia mengkhawatirkan jika jemaah haji Indonesia terlalu banyak melakukan swafoto, hal ini dapat mengganggu kekhusyukan ibadah. Selain itu, bahaya yang paling besar dari kegiatan swafoto adalah jika hasil foto tersebut digunakan untuk berbuat ria melalui unggahan di media sosial. “Jadi, selfielah sewajarnya. Silakan, pasti ada rasa bangga pada diri kita yang sudah berangkat haji,” tuturnya.

Menurutnya, prosesi ibadah haji memerlukan kekuatan fisik yang prima. Oleh karena itu, tidak cukup hanya niat saja sebagai bekal melaksanakan ibadah haji, tetapi Anwar Abbas juga berpesan agar seluruh jemaah haji Indonesia menjaga stamina fisik, khususnya bagi kelompok-kelompok rentan seperti orang tua.

Baca Juga:  Abu Jahal Membully, Rasulullah Membela

Selain itu, jemaah haji juga perlu mawas diri karena selama di Tanah Suci tentu akan ada banyak godaan yang dapat mengganggu proses ibadah haji. Anwar Abbas berharap segala amal ibadah selama proses haji diterima oleh Allah SWT dan dilipatgandakan pahalanya.

Perlu diketahui, penyelenggaraan Temu Haji Muhammadiyah di Tanah Suci ini sudah dilaksanakan untuk kelima kalinya. Pada tahun 2023, peserta jemaah haji Muhammadiyah yang mengikuti acara serupa berjumlah 1.700 orang. Diperkirakan pada tahun 2024 ini jumlah peserta meningkat sebab ruangan yang disediakan lebih besar dan terisi penuh.***

PMB UM Bandung