TikTok Salip Faceboook Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

oleh -
Foto: unsplash.com

BANDUNGMU.COM – Facebook dan aplikasi turunannya tidak lagi menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Posisi tersebut kini diambil alih oleh TikTok.

Ini merupakan temuan terbaru yang dikompilasi oleh Nikkei berdasarkan data dari App Annie. TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sepanjang tahun 2020, naik dari peringkat empat yang ditempati pada tahun 2019.

Facebook Messenger yang pada tahun 2019 berada di peringkat pertama turun ke peringkat lima. Facebook tetap berada di peringkat dua, dan Instagram naik satu peringkat ke peringkat empat.

Sementara itu, WhatsApp tetap berada di posisi ketiga meski sempat dilanda kontroversi akibat kebijakan privasi terbarunya. Telegram yang merupakan pesaing ketat WhatsApp justru naik satu peringkat ke peringkat tujuh.

Menurut Nikkei dan App Annie, naiknya posisi TikTok ke peringkat pertama didorong oleh pandemi COVID-19 di mana aplikasi buatan ByteDance ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di pasar Eropa, Amerika Selatan dan Amerika Serikat.

“Total durasi nonton TikTok di Amerika Serikat dan Inggris lebih panjang dari YouTube dan video pendek akan terus menarik perhatian,” kata Marketing Manager App Annie Chuzen Kin, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Selasa (10/8/2021).

“Dari segi konten, musik dan komedi menjadi lebih populer,” sambungnya.

Meski berhasil memuncaki daftar download global, TikTok masih kalah dari Facebook di pasar Asia di luar China. Sayangnya Nikkei tidak memberikan jumlah download yang dicatat oleh masing-masing aplikasi di daftar ini.

Pertumbuhan TikTok di pasar global terbilang cukup pesat, mengingat aplikasi ini baru diluncurkan oleh ByteDance secara internasional pada 2017.

TikTok hadir dengan nama Douyin di negara asalnya, China. Douyin berhasil mempertahankan posisinya sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di China, mengalahkan WeChat dan QQ.

Berdasarkan data lainnya yang dihimpun oleh Sensor Tower, TikTok juga menjadi aplikasi non-gaming yang paling banyak diunduh di dunia pada Juli 2021. Aplikasi video pendek ini diunduh lebih dari 63 juta kali dalam periode tersebut.

Sepanjang paruh pertama 2021, TikTok diunduh sekitar 384,6 juta kali di Android dan iOS. Walau terlihat mengesankan, angka ini menunjukkan penurunan 38% jika dibandingkan dengan 619 juta download pada paruh pertama tahun lalu. (Virgina Maulita Putri/Detik.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *