Ustad Das’ad Latif Sampaikan 5 Pesan Ini untuk Anak Muda

oleh -
Ustad kondang Indonesia Das'ad Latif sampaikan lima pesan untuk anak muda.*** (Foto: Youtube Das'ad Latif).

BANDUNGMU.COM — Di dalam setiap perjalanan bangsa, anak muda selalu ikut andil dalam melakukan perubahan.

Khazanah Islam mencatat banyak nama pemuda baik dari kisah Ashabul Kahfi, para sahabat Nabi seperti Ali bin Abi Thalib RA, hingga Muhammad Al-Fatih, dan yang lain sebagainya.

Mereka yang tampil dalam perubahan zaman, adalah anak-anak muda yang memiliki kualitas iman dan takwa.

Namun, jumlah anak muda yang melakukan perubahan amatlah sedikit. Sebab, umumnya anak muda larut dalam perbuatan yang menggembirakan dan melalaikan masa.

Dalam penutupan Pengajian Ramadan 1443 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mubalig kondang, Das’ad Latif, lantas berpesan lima hal kepada anak-anak muda agar menjaga ketakwaan dengan selektif dan berhati-hati terhadap lima hal.

Baca Juga:  5 Sahabat Nabi Ini Penuh Kesungguhan Mencintai Al-Quran

“Pertama, hati-hati memilih jodoh. Tokoh-tokoh sukses ditopang oleh istrinya yang baik,” pesan Das’ad seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Senin (11/04/2022).

Kata Das’ad, kesuksesan dunia dan akhirat hakikatnya dimulai dari ketahanan keluarga yang baik.

“Kedua, hati-hati memilih guru. Karena saya sering katakan agamamu adalah siapa gurumu. Jadi, hati-hati memilih guru, termasuk hati-hati memasukkan ke pesantren mana anak kita,” imbuhnya.

Das’ad berpesan demikian agar anak muda tidak terjerumus dalam pemahaman keagamaan yang salah.

“Ketiga, hati-hati memilih organisasi. Nah sekarang kan banyak tumbuh organisasi-organisasi. Karena niat baik kita tidak disertai ketelitian, bisa jadi akhirnya kita masuk organisasi yang terlibat dalam terorisme, naudzubillah min dzalik,” tuturnya.

Baca Juga:  Gempa Merupakan Takdir Indonesia, Solusinya Mitigasi dan Bangunan Tahan Gempa

“Keempat, hati-hati memilih teman. Itulah sebabnya betapa pentingnya seorang teman dalam pembentukan karakter kita sehingga satu dari tujuh orang yang dilindungi di padang mahsyar adalah orang yang bertemu dan berpisah karena Allah,” jelasnya.

Das’ad lalu mengutip perumpamaan dari hadis Nabi tentang perbandingan seseorang yang berkawan dengan pandai besi atau tukang parfum. Teman niscaya memberikan pengaruh pada perubahan sifat seseorang.

“Untuk menentukan teman kita baik atau tidak, ukurannya adalah salat,” terang Das’ad.

Baca Juga:  MDMC Jombang Bantu 10 Ribu Karung Untuk Perbaiki Tanggul Jebol

“Kelima, hati-hati memilih rumah, kos-kosan, kontrakan, atau tempat tinggal,” tutur Das’ad.

Kesalahan anak muda sekarang adalah memilih rumah yang dekat dengan fasilitas publik seperti pasar, tempat transportasi atau klinik. Padahal yang lebih utama adalah mencari tempat tinggal yang dekat dengan masjid.

“Oleh karena itu, kalau memilih kontrakan atau kosan, pilihlah yang dekat dengan masjid. Karena paling tidak kita akan mendengar azan lima kali sehari,” tuturnya.

“Remaja-remaja inilah yang kadang rusak, tidak hati-hati memilih buku, memilih guru, dan lain-lain. Maka yang terpenting adalah kehati-hatian,” tutup Das’ad.***

No More Posts Available.

No more pages to load.