,

Vaksinasi Covid-19 dan Istilah Herd Immunity, Ini Artinya

oleh -
herd immunity
Ilustrasi: dari google.com

BANDUNGMU.COM – Gelombang vaksinasi Covid-19 baru saja digelar pemerintah Indonesia. Pandemik kerap memunculkan istilah herd imunity, yang kita tidak paham apa artinya.

Istilah herd imunity atau kekebalan kelompok kembali muncul setelah pemerintah mencanangkan program vaksinasi Covid-19. Program vaksinasi Covid-19 disebut bertujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kekelompok.

Vaksinasi Covid-19 sendiri ditargetkan selesai dalam 15 bulan atau dari Januari 2021 hingga Maret 2022. Pemerintah menyebut ada 181 juta orang yang akan menerima vaksin virus corona.

Herd immunity sebenarnya bukan istilah baru dalam bidang medis. Tetapi memang jarang diketahui oleh masyarakat awam.

Dikutip prfmnews.id dari alodokter.com, herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

Cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang sekaligus adalah vaksinasi.

Ambillah contoh vaksinasi polio. Ketika seseorang mendapatkan vaksin polio, tubuhnya membentuk kekebalan spesifik terhadap virus polio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *