UMBandung
News

Yudi Daryadi Akan Jadi Khatib dan Imam Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di UM Bandung

×

Yudi Daryadi Akan Jadi Khatib dan Imam Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di UM Bandung

Sebarkan artikel ini
Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung).***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung akan menyelenggarakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman parkir kampus ini pada Rabu 10 April 2024.

Hal ini berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 hijriah, yang telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 H atau tahun 2024 jatuh pada Rabu 10 April 2024.

“Kemungkinan besar Idul Fitri tahun ini akan dilaksanakan secara berbarengan, sedikitnya di kalangan organisasi besar keagamaan Islam ataupun pemerintah,” tutur Kepala Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) UM Bandung Drs H Dikdik Dahlan Lukman MHum di Bandung pada Sabtu (30/03/2024).

Baca Juga:  UM Bandung Lepas 12 Mahasiswa KKN-MAs dan KKN Tematik

“Dalam maklumat itu, 30 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa 9 April 2024. Jadi, di wilayah Indonesia, 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024. Oleh karena itu, UM Bandung insyaallah akan menggelar salat Idul Fitri di lapangan terbuka sebagaimana sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” tandas Dikdik.

Pada saatnya nanti, kata Dikdik, yang akan bertindak menjadi imam dan khatib adalah dosen Fakultas Agama Islam UM Bandung sekaligus Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Dr Yudi Daryadi MAg. Yudi juga termasuk jajaran pimpinan di LPPAIK UM Bandung.

Baca Juga:  Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Gelar Baitul Arqam Madya dengan Semangat Berkemajuan di Era Disrupsi

Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah akan dimulai pada pukul 06.15 WIB dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah. Oleh karena itu, Dikdik berpesan agar jamaah Salat Id untuk datang ke UM Bandung lebih awal agar mendapatkan posisi duduk di saf paling depan.

“Mudah mudahan pada waktunya cuacanya mendukung. Kami mengajak kepada umat Islam khususnya warga Muhammadiyah di kawasan Bandung Timur dan sekitarnya untuk beramai-ramai datang ke UM Bandung pada waktunya,” pungkas Dikdik.***(FA)

Seedbacklink