15 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun 2021 dan Kisaran Gajinya di Masa Depan

oleh -
Foto: iStock/nirat

BANDUNGMU.COM – Ingin memilih jurusan kuliah yang memiliki karier di masa depan? Beberapa jurusan di bawah ini bisa memberikan pandangan sebelum kamu masuk perguruan tinggi.

Dilansir dari laman mydegreeguide.com, terdapat beberapa jurusan kuliah di berbagai perguruan tinggi yang potensial untuk pekerjaan di masa depan. Pekerjaan tersebut tak hanya memiliki karier menjanjikan namun juga memiliki gaji yang terbilang besar.

Berikut ini 15 jurusan yang paling diminati tahun 2021.

Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis semakin banyak diminati di tengah perkembangan bisnis era digital. Jurusan ini memiliki tanggung jawab di lingkungan kantor dan menggunakan fakta dan angka untuk membuat keputusan.

Cakupan yang dikerjakan seorang lulusan administrasi bisnis di antaranya pemasaran, keuangan, penjualan, dan manajemen. Tak hanya itu, lulusan ini juga mempelajari sumber daya manusia, kepemimpinan organisasi, hubungan masyarakat dan hukum bisnis.

Di Indonesia, staf administrasi bisnis bisa digaji mulai 3 hingga 5 juta rupiah. Gaji tersebut akan meningkat sesuai dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

Sementara menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, seorang pegawai di bidang bisnis berpengalaman bisa mendapat gaji tahunan rata-rata sekitar 1 miliar rupiah atau sekitar 80 juta per bulan.

Akuntansi

Jika kamu suka matematika, memiliki karier di bidang akuntansi bisa dicoba. Jurusan ini banyak diminati karena dibutuhkan hampir di semua perusahaan.

Lulusan akuntansi akan bertanggung jawab untuk melacak pendapatan dan pengeluaran, menyiapkan laporan dan tetap di atas kewajiban pajak. Selain itu, beberapa akuntan juga mengurus penggajian.

Seorang akuntan di Indonesia rata-rata digaji mulai dari 4-8 juta rupiah per bulannya tergantung pengalaman dan lulusan terakhir yang ditempuh.

Sementara di luar negeri, pekerjaan di sektor keuangan memiliki besaran gaji tahunan rata-rata sekitar 80 juta per bulan. Biasanya hal itu didapatkan oleh akuntan yang memiliki publik bersertifikat (CPA).

Psikologi

Di dunia modern, jurusan psikologi juga banyak diminati. Jurusan ini membantu kamu memahami lebih banyak tentang pikiran dan perilaku. Pengetahuan ini akan memiliki aplikasi yang berguna di berbagai bidang.

Seorang psikolog di Indonesia bisa digaji hingga 5 sampai 15 juta rupiah per bulan tergantung keahlian, spesialisasi atau pengalamannya. Sedangkan di luar negeri, sarjana psikologi bisa memperoleh gaji hingga ratusan juta setiap tahunnya.

Komunikasi

Buat kamu yang memiliki keterampilan berbicara dan menulis yang kuat dapat jurusan komunikasi patut dicoba. Kemampuan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan saat ini mulai dari start up, e-commerce, dan media.

Untuk gaji lulusan komunikasi di Indonesia rata-rata adalah 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. Sedangkan di Amerika, jurusan komunikasi bisa memperoleh gaji mencapai 770 juta rupiah setiap tahunnya.

Ilmu Komputer

Pada era serba digital, jurusan Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan perguruan tinggi paling populer di bidang teknologi untuk tahun 2021.

Jurusan ini banyak diminati karena peluang kerja di masa depan yang akan terus terbuka dari perusahaan hingga organisasi nirlaba.

Di luar negeri lulusan ilmu komputer bisa digaji mencapai puluhan juta rupiah. Sementara di Indonesia lulusan ilmu komputer dengan pengalaman tinggi juga bisa digaji hingga puluhan juta rupiah.

Ekonomi

Perkembangan dunia bisnis modern membuat gelar bisnis atau ekonomi masih menjadi favorit untuk jurusan yang paling banyak diminati.

Kuliah di jurusan ini tidak hanya akan memberi banyak pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan secara umum, tetapi juga akan mempertajam keterampilan analisis data dan keterampilan yang berguna.

Lulusan Ekonomi bisa sangat dibutuhkan dari masa ke masa. Karena itu banyak perusahaan yang berani memberi gaji hingga puluhan juta Rupiah.

Di Indonesia, rata-rata gaji lulusan ekonomi berkisar antara 3-6 juta Rupiah. Hal itu bisa meningkat tergantung keahlian dan pengalaman.

Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan bisa menjadi salah satu jurusan yang paling jarang diketahui namun bermanfaat bagi generasi mendatang. Jurusan ini banyak diminati karena gaji yang fantastis.

Terlebih dengan adanya kondisi pasar perminyakan sangat kompetitif, imbalan finansial atau gaji untuk fresh graduate jurusan ini di Indonesia bisa mencapai 5 juta Rupiah. Bahkan bisa mencapai puluhan juta Rupiah untuk pengalaman yang tinggi.

Teknik Mesin

Kemajuan teknologi juga berpengaruh dengan jurusan kuliah teknik mesin. Hal ini dikarenakan bidang teknik mesin menjadi salah satu bidang yang paling dibutuhkan di masa depan.

Di banyak perusahaan di Indonesia, lulusan teknik mesin pemula rata-rata digaji 3-6 juta Rupiah, sedangkan dengan keterampilan ahli bisa digaji hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Teknik Sipil

Masih dari jurusan kuliah teknik, jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan dicari para calon mahasiswa.

Lulusan teknik sipil biasanya bekerja di bidang pembangunan jalan raya, bandara, saluran pembuangan, dan berbagai bangunan dan struktur publik lainnya.

Untuk lulusan teknik sipil fresh graduate bisa digaji antara 5-7 juta rupiah. Bahkan untuk keterampilan berpengalaman bisa digaji puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Desain Game

Perkembangan teknologi juga memunculkan profesi serta dunia baru yakni game online. Di balik pembuatan game ternyata ada jurusan kuliah desain game, lho.

Desain Game adalah jenis jurusan yang terbilang baru dan semakin populer karena permintaan di industri terus meningkat. Lulusan desain game di Indonesia bisa digaji mulai 6-8 juta rupiah.

Teknologi Informasi

Ketika dunia menjadi lebih bergantung pada teknologi, memilih jurusan teknologi informasi adalah sesuatu hal yang sangat menguntungkan.

Lulusan teknologi informasi dapat membuka pintu bagi banyak pekerjaan seperti di bidang pemrograman, keamanan siber, dan pengembangan perangkat lunak. Secara rata-rata, lulusan jurusan ini bisa memiliki gaji awal sekitar 6 juta rupiah per bulan.

Fisika

Beralih dari teknologi, fisika menjadi salah satu jurusan yang paling diminati karena dapat membuka banyak pintu bagi lulusannya. Bahkan dapat menyebabkan seseorang melanjutkan pendidikan dan bekerja di fasilitas penelitian.

Lulusan fisika biasanya dapat menemukan pekerjaan sebagai insinyur di berbagai sektor atau dalam peran potensial bekerja di bidang akademis dan penelitian.

Di Indonesia, gaji lulusan fisika ditentukan sesuai bidang. Mulai dari 4 juta hingga 33 juta rupiah per bulannya.

Jurusan Kimia

Tak hanya jurusan Fisika, jenjang karir lulusan kimia juga terbuka lebar di berbagai perusahaan. Bahkan gajinya akan membuat banyak orang tergiur.

Sebagai salah satu jenis ilmu yang paling populer di bidang sains, lulusan kimia dibutuhkan di berbagai sektor dengan gaji tertinggi di Indonesia mencapai puluhan juta rupiah.

Jurnalis

Pekerjaan seorang jurnalis semakin banyak diminati oleh anak muda. Lulusan jurnalis banyak dibutuhkan di media cetak, digital, radio atau televisi, atau perusahaan bidang media lainnya.

Pekerjaan ini juga memiliki pilihan karier yang banyak seperti penulis konten, editor situs web, produser video, content creator, manajer media sosial, dan seterusnya.

Di Indonesia lulusan jurnalis rata-rata digaji mulai dari 5 juta hingga puluhan juta rupiah. Sementara di luar negeri gaji rata-rata untuk orang-orang dengan gelar jurnalisme mencapai 60 juta per bulan.

Pekerjaan Sosial

Salah satu jurusan paling unik dan menarik adalah jurusan pekerja sosial. Di Indonesia jurusan ini kurang populer namun di luar negeri jurusan ini banyak diminati.

Lulusan ini memiliki kemampuan bisa belajar bekerja dengan anak-anak atau orang dewasa di lingkungan komunitas atau fasilitas perumahan. Biasanya lulusan ini juga tergabung dalam komunitas atau yayasan sosial.

Gaji rata-rata untuk lulusan kuliah pekerjaan sosial di Indonesia adalah 2,6 juta hingga 14 juta rupiah per bulannya. Sedangkan di Amerika, menurut Pusat Pendidikan dan Tenaga Kerja Amerika lulusan pekerjaan sosial bisa digaji hingga 500 juta rupiah per tahunnya atau sekitar 41 juta rupiah per bulan. (Detik.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *