Wahyudin: Inilah Cara Melatih Mahasiswa Menulis Artikel

oleh -

BANDUNGMU.COM — Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, memberikan kiat tentang cara melatih mahasiswa agar menulis artikel.

Yudi panggilan akrabnya menjelaskan kelayakan artikel terbit di jurnal ditinjau dari dua sisi, yakni: Pertama, gaya selingkung (template) dan kedua, substansi isi.

“Gaya selingkung merupakan rukun yaitu yang harus dipenuhi untuk sahnya suatu pekerjaan. Rukun dapat dibedakan secara tegas dengan syarat. Jika syarat berada di luar amalan, maka rukun berada di dalam amalan,” tegasnya, Senin (6/9/2021).

Menurut Yudi, substansi isi sangat bergantung pada rukun. Gaya selingkung berperan mewadahi substansi isi. Substansi apa pun. Seperti salat ada rukuk dan sujud. Kalau tertib melaksanakan rukun, maka khusyuk.

“Jika rukun dipatuhi, maka artikel pasti terbit di jurnal meskipun substansi isi sederhana. Sebaliknya, artikel tidak akan terbit di jurnal bila rukun tidak dipenuhi. Justru syarat substansi isi artikel adalah sederhana, yaitu tidak berlebih-lebihan. Begitu cara kami melatih mahasiswa menulis artikel di Kelas Menulis,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *