,

5 Nama Gunung Pilihan untuk Pendaki Pemula! Kamu Harus Pilih Sebelum Mendaki

oleh -
5 gunung pilihan

BANDUNGMU.COM – Pesona keindahan alam Indonesia sangat terkenal di dunia. Apalagi bila membincangkan keindahan gunung-gunung yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia, yang berada di wilayah ring of fire, punya begitu banyak gunung berapi aktif maupun tidak aktif yang memanjakan pandangan mata. Salah satu cara menikmati keindahan gunung adalah dengan mendakinya hingga ke puncak.

Namun, sebelum melakukan kegiatan pendakian, berbagai persiapan baik secara fisik maupun teknis harus matang agar acara mendaki tidak menjadi musibah.

Nah, bagi pendaki pemula, dianjurkan memilih gunung yang memiliki trek jalur pendakian mudah agar bisa beradaptasi dengan kondisi fisik saat mendaki. Berikut beberapa gunung di Indonesia yang memiliki trek jalur pendakian mudah dan bisa didaki para pendaki pemula.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan berada di Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.265 mdpl. Gunung ini adalah salah satu gunung favorit untuk para pendaki pemula. Akses transportasi umum untuk menuju titik pendakian cukup mudah. Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang mempunyai banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Di puncak gunung ini juga terdapat padang Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun. Selain kawah dan taman Edeleweis, Gunung Papandayan juga punya kawasan hutan mati yang indah karena tempatnya instagramabledengan pemandangan super keren. Untuk mendaki, perlu waktu sekitar empat hingga lima jam.

2. Gunung Andong

Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan ketinggian 1.762 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan menawan di puncaknya. Selain itu, jalur pendakiannya juga mudah karena dilengkapi sejumlah papan penunjuk jalan.

Dari base camp sampai ke puncak, hanya memerlukan waktu sekitar dua jam. Pendaki bisa melakukan pendakian dalam waktu sehari, alias bisa langsung pulang tanpa perlu bermalam. Dari puncak gunungnya, terlihat jelas gunung Sindoro-Sumbing, gunung Merapi dan gunung Merbabu.

3. Gunung Prau

Gunung Prau berada di Dieng, Jawa Timur, dengan ketinggian 2.565 mdpl. Gunung ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk berkemah sambil menanti matahari terbit yang menawan. Saat cuaca cerah, dari kejauhan akan terlihat puncak gunung Sindoro-Sumbing, gunung Merapi dan Merbabu.

Untuk menuju puncak, jalur pendakian Gunung Prau tersingkat yang bisa dilewati adalah dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Selama kurang lebih tiga jam perjalanan, kamu akan menginjakkan kaki di puncak Gunung Prau.

4. Gunung Batur

Gunung Batur di Bali yang tergolong lebih gampang untuk ‘ditaklukkan’ bagi pendaki pemula. Gunung Batur memiliki pemandangan dan Danau Kintamani yang terkenal indah.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl ini ditemukan salah satu kaldera terindah di dunia dengan Danau Batur sebagai pusatnya. Diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk mencapai puncak.

5. Gunung Ijen

Gunung Ijen berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 2.443 mdpl tersebut. Di gunung ini kamu bisa menjumpai penambang tradisional yang melakukan aktivitas penambangan belerang. Untuk pemandangan terbaik, lakukan pendakian sejak dini hari agar bisa menikmati indahnya fenomena api biru yang hanya ada di Kawah Gunung Ijen.

Mendaki Gunung Ijen bisa dimulai dari pos pendakian Paltuding. Dari sana, hanya tinggal memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke puncak.

Itulah kelima nama gunung yang rekomendasi banget untuk didaki kalian. Semoga dengannya kamu bisa pilih-pilih mana gunung pertama yang harus didaki untuk menikmati setiap lekukan indahnya gunung di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *