Sainstek

9 Aplikasi Muslim Pilihan untuk Temani Ramadan

×

9 Aplikasi Muslim Pilihan untuk Temani Ramadan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi aplikasi Ramadan. Foto: KESAN.

BANDUNGMU.COM – Saat ini semua umat Islam sedang melaksanakan puasa Ramadan. Aplikasi muslim pilihan pun pilihan pun banyak dicari untuk temani Ramadan. Tujuannya tentu untuk mengisi waktu menjelang puasa dengan bermanfaat.

Lantas aplikasi saja yang biasa kamu gunakan untuk menemani Ramadan? Kalau belum ada ide, berikut ini beberapa aplikasi Islami di Android ataupun iOS yang bisa kalian pakai.

1. KESAN

Menyambut Ramadan, KESAN menambahkan sejumlah update fitur di aplikasinya. Beberapa di antaranya yaitu Al-Quran super lengkap, ratusan doa Ramadan dan kumpulan doa Lailatulqadar, puluhan kitab/buku Ramadan, hadis Ramadan harian, artikel Ramadan harian, marketplace halal, dan fitur terbaru tanya kiai.

Fitur yang dihadirkan KESAN meliputi hadis hari ini yang disajikan setiap pukul 09 pagi. Lalu ada doa dan selawat, kalender hijriah, arah kiblat, hingga jadwal salat.

KESAN juga menyajikan lebih dari 700 kitab kuning, dan ada feed yang menyajikan artikel tentang pengembangan diri. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN.

Baca Juga:  Begini Nasib Astronaut yang Meninggal di Luar Angkasa

2. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia berisi Alquran dengan terjemahan bahasa Indonesia dan dilengkapi audio murottal. Kalian bisa membaca Alquran secara offline dengan antarmuka yang cukup simpel dan user friendly.

Bacaan ayat pun dilengkapi tajwid berwarna, penandaan bacaan terakhir, dan fitur untuk berbagi ayat-ayat yang dibaca ke media sosial. Tidak hanya itu, tersedia juga jadwal salat, kalender hijrah, dan arah kiblat.

3. Umma

Aplikasi ini menyediakan waktu salat dan petunjuk arah kiblat. Pengguna juga bisa memperdalam ajaran agama lewat beragam artikel dan video siraman rohani dari para ustad. Konten yang ditampilkan dipersonalisasi sesuai dengan minat pengguna.

Selain itu, Umma menghadirkan konten spesial Ramadan dengan menampilkan bacaan, tips, dan resep makanan untuk berbuka ataupun bersantap sahur. Agar Ramadan makin seru, aplikasi ini menyediakan fitur untuk penggunanya berbagi kegiatan mereka sepanjang bulan puasa.

Setiap konten yang dibagikan akan mendapat poin. Nah, poin yang terkumpul kemudian dapat didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih.

Baca Juga:  Samsung Bakal Semakin Smart, Rilis Galaxy F62: Ponsel Murah dengan Baterai 7.000 mAh

4. Dua in Quran

Aplikasi ini menghadirkan kumpulan doa yang terdapat dalam Alquran yang dilengkapi terjemahan dalam bahasa Indonesia. Pengguna juga dapat mengatur ukuran teks dan membagikan doa ke media sosial.

5. Hafalan Quran

Hafalan Quran adalah game atau permainan digital yang bertujuan untuk memudahkan kita menghafal ayat-ayat Alquran. Terdapat dua mode dalam game ini, yakni mode permainan dan mode baca. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh suara pelafalan untuk tiap surat dan ayat.

6. Asisten Amalku

Asisten Amalku ingin membantu muslim mengerjakan amalan-amalan hariannya, apalagi di bulan Ramadan. Aplikasi ini terdiri atas beberapa fitur utama, yaitu amal harian, kalender puasa, masjid sekitar, salat 40 hari, target amalku, dan statistik amalan.

7. Toppa

Aplikasi ini menyediakan alarm imsak, salat wajib, dan sunah. Pengguna juga bisa memilih kumandang azan yang ingin didengarkan pada alarm. Tak hanya itu, tersedia juga Alquran offline yang dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia, kompas, berita terkait Islam dan media sosial untuk para muslim.

Baca Juga:  Kenapa Umat Islam Tertinggal dalam Ilmu Pengetahuan Sains, Teknologi, dan Bidang Ilmu lainnya?

8. Hanif: Kajian Islam di Sekitarmu

Aplikasi ini mencoba mempermudah kita yang ingin belajar agama Islam. Fitur-fiturnya antara lain kemudahan untuk mencari masjid ataupun tempat kajian majelis ilmu. Kajian Islam di Sekitarmu juga memberikan informasi tentang ustaz, judul kajian, dan jam diadakannya majelis ilmu.

9. Hi Muslim

Hi Muslim menghadirkan informasi waktu salat sesuai dengan lokasi keberadaannya agar pengguna tidak tertinggal salat lima waktu. Aplikasi ini juga menunjukkan arah kiblat sesuai lokasi saat itu. Fitur lainnya adalah daftar lokasi masjid terdekat dan kuis berupa 10 pertanyaan pilihan berganda setiap harinya untuk menambah pengetahuan seputar agama Islam.

Jadi, puasamu di Ramadan kali ini akan tetap seru dan menyenangkan kalau ditemani berbagai aplikasi muslim di atas. Kamu mau pakai aplikasi yang mana nih?

Diolah dari DetikInet