UMBandung
Opini

Baitul Arqam LRB PCIM Turkiye: Ciptakan Kader yang Kompeten, Militan, dan Berperan Strategis

×

Baitul Arqam LRB PCIM Turkiye: Ciptakan Kader yang Kompeten, Militan, dan Berperan Strategis

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Yogyakarta – Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PP Muhammadiyah menggelar “Baitul Arqam Manajemen Penanggulangan Bencana 2024” yang dikhususkan untuk LRB Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turkiye pada Sabtu (09/03/2024).

Sebanyak 13 anggota LRB PCIM Turkiye yang telah disahkan pada April 2023 lalu antusias mengikuti pemaparan materi oleh LRB PPM dan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PP Muhammadiyah.

Selain itu, turut hadir juga dalam giat ini dari PCIM Turkiye dan PCIM India.

Baitul Arqam ini dilaksanakan selama dua hari dengan salah satu materi tentang perkaderan Muhammadiyah dan Ideologi Lembaga Resiliensi Bencana.

Baca Juga:  Growth Mindset dan Future Practice Solusi Ketidakpastian

Sesuai dengan misi resiliensi bencana, Baitul Arqam menjadi awal bagi LRB PCIM Turkiye untuk bisa mendalami wawasan mengenai kebencanaan dengan tujuan menumbuhkan ketangguhan yang berkelanjutan.

Dengan tema “Perkaderan Semesta, Muhammadiyah Tangguh Bencana”, Ketua LRB PPM Budi Setiawan berharap segenap anggota LRB PCIM Turkiye dapat memiliki keselarasan dalam memahami makna yang terkandung didalam misi lembaga.

“Dengan adanya perubahan Lembaga Penanggulangan Bencana menjadi Lembaga Resiliensi Bencana kami berharap cakupan kegiatannya menjadi lebih luas sehingga kita bergerak tidak hanya saat bencana, tetapi saat peningkatan kapasitas” terang Budi.

Baca Juga:  Bersama, Memuhammadiyahkan Warga Muhammadiyah

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan pelaku gerakan (LRB PCIM Turkiye) yang berkompetensi, militan, dan berperan strategis bagi persyarikatan, umat, dan bangsa.

Antusiasme peserta kegiatan turut disampaikan oleh Ketua PCIM Turkiye Ahmad Dhiyaul Haq melalui sambutannya bahwa momentum ini menjadi hal istimewa karena anggota dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dengan materi yang mencerahkan.

“Oleh karena itu, kami bahagia sekali. Mudah-mudahan Muhammadiyah tidak hanya hebat di dalam peran sosial kemanusiaan, tetapi kader-kadernya juga mempunyai ketangguhan dalam konteks keislaman kemuhammadiyahan serta perannya di kebencanaan” ucap Ahmad Dhiyaul Haq.

Baca Juga:  Keutamaan Puasa Ramadhan

Secara mantap, PCIM Turkiye mengungkapkan kesiapannya dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan kebencanaan yang akan disinergikan oleh LRB PCIM Turkiye bersama LRB PPM.

Pada hari kedua kegiatan, LRB PPM dan LRB PCIM Turkiye akan melakukan rencana tindak lanjut yang tujuannya merumuskan giat-giat kolaborasi di masa depan.***

PMB UM Bandung