Banjir Lahar Gunung Semeru Akibat dari Hujan Deras Kembali Terjadi

oleh -
lahar

BANDUNGMU.COM, Lumajang – Kawasan Gunung Semeru diguyur hujan deras. Akibatnya banjir lahar hujan ke sejumlah daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Sungai Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, terlihat sekitar pukul 17.00 WIB, pada Jumat (12/2/2021).

Material vulkanis di sungai tersebut masih mengeluarkan asap tebal yang panas saat dialiri banjir lahar.

Petugas BPBD Lumajang bersama anggota TNI dan Polri melakukan patroli ke bantaran sungai untuk memastikan warga tidak ada yang mendekat ke daerah aliran sungai yang dialiri lahar dingin Gunung Semeru.

“Masyarakat perlu tahu bahwa sisa material masih banyak di Sungai Curah Kobokan dan ini berpotensi kalau hujan menjadi lahar dan sisa material itu masih panas dibawahnya,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo kepada detikcom.

Masyarakat di sekitar bantaran sungai yang dialiri banjir lahar dingin Gunung Semeru juga diminta meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar dingin gunung semeru.

“Msyarakat yang berada di sekitar DAS yanfg dialiri banjir lahar diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar Gunung Semeru,” ujar Wawan.

Selain di Sungai Curah Kobokan, banjir lahar hujan juga mengalir ke Sungai Leprak dan Sungai Bondeli Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *