UMBandung
News

Dinas Sosial Apresiasi Khitanan Massal Yang Digelar RS Muhammadiyah Bandung dan MPKU

×

Dinas Sosial Apresiasi Khitanan Massal Yang Digelar RS Muhammadiyah Bandung dan MPKU

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Bandung bekerja sama dengan Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bandung menggelar khitanan massal yang berlangsung dengan sukses.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Baleendah, Jalan Jatimekar, Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (01/06/2024). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Sebanyak 50 anak mendapatkan layanan khitanan dari tenaga medis RS Muhammadiyah Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu keluarga yang kurang mampu dalam membiayai khitan bagi anak-anak mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi anak-anak, yang sangat penting dalam masa perkembangan mereka.

Baca Juga:  Mantap! Jokowi Resmikan Mata Air 'Raksasa', 1,3 Juta Warga Bisa Akses Air Bersih

Khitanan massal ini merupakan bagian dari berbagai kolaborasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh RS Muhammadiyah Bandung. Kegiatan ini tidak hanya membantu meringankan beban finansial keluarga yang kurang mampu. Namun, juga memberikan pendidikan kesehatan dan persiapan yang matang bagi anak-anak menuju akil balig.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bandung, Adid Nurulloh, yang turut hadir dalam acara ini, menyatakan bahwa khitanan massal yang diadakan oleh RS Muhammadiyah Bandung bersama MPKU PDM Kabupaten Bandung memberikan manfaat besar bagi masyarakat. “Anak-anak yang dikhitan mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik dan memiliki persiapan yang matang menuju akil balig,” ujar Adid.

Baca Juga:  Junjung Spirit Tafakul, MCCC Kota Bandung Adakan Vaksinasi Tahap Dua

Ia juga menambahkan bahwa Bupati Bandung sering menekankan pentingnya kolaborasi pentahelix dalam menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat. “Tidak semua masalah bisa ditangani oleh pemerintah saja sehingga keterlibatan semua pihak sangat diperlukan. Pemerintah Kabupaten Bandung sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh gerakan Muhammadiyah. Saya berharap kegiatan sosial seperti ini dapat terus dikembangkan dan lebih sering dilaksanakan di masa depan,” ucapnya.

Khitanan massal ini menjadi bukti nyata dari komitmen RS Muhammadiyah Bandung dan MPKU PDM Kabupaten Bandung dalam membantu masyarakat dan meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di Kabupaten Bandung. Antusiasme dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Pemerintah Kabupaten Bandung, menunjukkan bahwa kolaborasi semacam ini dapat menjadi contoh yang baik untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya di masa mendatang.***

PMB UM Bandung