Ingin Tahu Masa Depan Elektronik, Temukan Jawabannya di Kuliah Umum Ini

oleh -

BANDUNGMU.COM — Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati menggelar Kuliah Umum 2021 bertajuk “The Future of Electronics” yang dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (25/09/2021).

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang, Munawar Agus Riyadi, Ph.D., menjadi narasumber yang dipandu oleh Muhammad Tsani Abdul Hakim, ST., ME. dan dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si. mengatakan bahwa pihak Dekanat sangat mendukung dan mengapresiasi dari kegiatan jurusan yang membuka cakrawala keilmuan dalam hal ini Jurusan Teknik Elektro.

Untuk tema yang di angkat pada tahun ini adalah masa depan elektronika, “Yang tentunya ini akan sangat berkaitan dengan bidang ilmu lainnya contoh dalam bidang fisika ditemukan quantum computing yang merupakan gabungan dari sistem informasi, informatika, fisika, dan juga elektronika itu akan menghasilkan inovasi yang luar biasa,” tegas Yudha.

Dr. Yudha menjelaskan pada prinsipnya kemajuan teknologi harus kita raih dalam bidang kita masing-masing.

“Dan kuliah umum kali ini akan memberikan gambaran yang luas terutama bagi mahasiswa agar tertarik untuk mendalami bidang yang didalaminya dalam hal ini bidang teknik elektro,” jelas Yudha.

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nanang Ismail, MT., menyampaikan bahwa Kuliah Umum ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang diselenggarakan Jurusan Teknik Elektro, yang ditargetkan sebagai pencerahan bagi mahasiswa Teknik Elektro terutama mahasiswa baru dan mahasiswa lainnya agar dapat mengetahui perkembangan teknologi terutama dalam bidang Teknik Elektro.

“Pada tahun ini sengaja menghadirkan Ketua Prodi Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang Munawar Agus Riyadi, Ph.D. yang tentunya akan sharing pengetahuan The Future of Electronics sesuai dengan tema yang diangkat pada kuliah umum tahun ini,” tutur Nanang.

Munawar Agus Riyadi, Ph.D. membahas tentang sejarah peradaban manusia dari masa ke masa yang diikuti oleh perkembangan teknologi, dan terjadinya revolusi industri itu dimulai saat ditemukannya mesin uap, kemudian terus berkembang.

Munawar menyampaikan, “Saat ini kita tidak bisa terlepas dari alat elektronika, setiap hari kita selalu menggunakan alat elektronika, dan harus diakui bahwa kemajuan teknologi elektronika berasal dari kebutuhan militer,” katanya.

“Hidup manusia semakin terikat dengan peralatan dan teknologi, perkembangan teknologi elektronika merupakan salah satu pendorong utama kemajuan going digital, bahkan perkembangan elektronika lebih pesat dari perkembangan otomotif,” jelas Munawar.

Perkembangan elektronika merupakan pendorong kemajuan teknologi lain.

“Teknologi chip: semakin kecil, semakin cepat, semakin cerdas, serta tren aplikasi saat ini: intelligent sensors, MEMS, biomedical apps,” lanjut Munawar.

Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT. Sekretaris Jurusan Teknik Elektro menyampaikan, “Tema yang diangkat dalam kegiatan kuliah umum ini tentunya berdasarkan perkembangan teknologi terkini, terutama dalam bidang Teknik Elektro sehingga akan memberikan wawasan bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah umum,” ujar Eki.

Kuliah Umum ini diikuti 300 peserta secara online, “Tidak hanya mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tapi mahasiswa Teknik Elektro dari kampus lain di antaranya Unisma 45 Bekasi, UPI, USB Bandung, Universitas Pelita Bangsa, dan Untag Cirebon, karena memang kegiatan ini terbuka untuk umum terutama mahasiswa Teknik Elektro,” jelas Eki.

Antusias peserta yang mengikuti kegiatan kuliah umum ini dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan baik melalui chat room maupun raise hand, dan diakhiri acara panitia memberikan door prize yang diberikan kepada peserta yang beruntung.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *