Inilah 9 Fitur Gmail yang Wajib Anda Tahu, Sangat Membantu Lho!

oleh -
Foto: Unspalsh.

BANDUNGMU.COM — Gmail merupakan salah satu fitur dari Google yang banyak menyediakan kebutuhan penting sehari-hari semisal pesan. Saat ini, Gmail banyak mengelami perubahan dengan fitur-fitur yang tidak kalah keren. Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut, Anda bisa akan lebih terbantu.

Lalu apa saja fitur-fitur tersebut? Dikutip dari Ayobandung.com, inilah bahasan selengkapnya.

Fitur mute

Sesuai dengan namanya, fitur mute digunakan sebagai tombol hidden atau menyembunyikan pemberitahuan dengan nada notifikasi. Bisa juga membatasi atau menonaktifkan pesan spam yang tidak diketahui siapa pengirimnya. Seorang hacker bisa menyamar merusak data dengan mengirimkan pesan yang jika Anda buka, kemungkinan virus sistem akan segera menyebar ke data Anda dan rusak.

Fitur jadwal pesan 

Gmail mode jadul belum tersedia fitur penjadwalan yang artinya Anda bisa sesuka hati mengirimkan pesan dengan waktu yang ditentukan. Untuk mengirimkan pesan tinggal klik tombol “tulis” pada kanan bawah dan isi semua kolom dengan benar. Anda cari 3 titik berdiri bagian kanan atas, lalu cari tulisan “jadwalkan kiriman”.

Akan keluar kotak opsi dengan aturan tanggal hari ini waktu yang diinginkan, Anda sesuaikan saja. Maka, email yang dikirim akan secara otomatis terkirim di jam yang terjadwal.

Fitur mode rahasia

Merupakan fitur pesan rahasia email atau pesan dari pengirim ke penerima. Gambarannya sebagai berikut, Anda sebagai pengirim email penting kepada Anto (penerima email) dengan jangka waktu yang telah ditentukan masa kadaluarsanya. Pihak Gmail akan mengirimkan sebuah sms kode penting agar pihak ketiga (pembajak) tidak bisa membaca atau membuka email yang Anda kirimkan. Kode tersebut akan dikirimkan ke ponsel penerima dengan sms biasa, maka perlu sekali nomor ponsel untuk tidak diganti-ganti.

Dengan email yang dikirim tersebut maka pihak penerima hanya bisa membaca dengan memasukkan kode yang telah Gmail berikan.

Fitur tab email 

Saat Anda memiliki sebuah email, akan mulai diperkenalkan dengan pesan sosial dan promosi. Karena saat ini email Google akan menjadi dasar utama akun sosmed atau aplikasi lainnya. Sehingga tak heran setiap kali ada promo aplikasi tertentu akan masuk ke email Gmail Anda. Untuk menghindari email semacam itu, Anda gunakan tab email pada setelan Gmail.

Caranya dengan masuk ke bagian tool pesan masuk lalu klik pada kategori hapus sosial dan promosi, jangan lupa klik simpan.

Fitur maju otomatis

Adalah fitur Gmail secepat kilat yang bisa Anda gunakan di bagian kolom pesan masuk, pesan yang masuk ingin difilter dengan cara mengarsipkan. Caranya, Anda tinggal geser email yang akan diarsipkan ke kanan, lalu muncul bagian bawah dengan tulisan email diarsipkan atau urungkan. Jika ingin tetap diarsipkan maka tinggal biarkan saja, tetapi jika ingin menggagalkan pengarsipan tinggal klik tulisan “urungkan”.

Dalam fitur sampah, akan terlihat semua pesan yang difilter untuk dihapus jika diinginkan. Anda tinggal klik kotak kecil sebelah kanan dan hapus.

Fitur Google Drive 

Gmail memberikan kuota memori simpanan pesan maksimal 25 MB, jika ada data masuk melebihi kuota tersebut akan tetap bisa dikirimkan dengan fitur Google drive pada kolom kotak masuk. Caranya, Anda klik tulisan “tulis pesan” lalu isikan data, jika ada lampiran ukuran besar tinggal cari ikon bulat gepeng di kanan atas, seperti bentuk klip kertas. Anda klik lalu muncul “sisipkan dari drive”. Nah, ikuti cara lanjutannya saja agar email besar bisa terkirim sempurna.

Fitur side bar

Adalah fitur tambahan pada bagian kanan yang menampilkan banyak keperluan seperti Google Tasks, Google Calendar, dan Google Keep. Anda bisa mengakses sebuah agenda yang akan dilakukan. Tersedia juga Gmail add ons yang berguna sebagai iklan bisnis Anda.

Fitur zoom atau rapat

Fitur Gmail terbaru yang mirip dengan video call tetapi bagian Gmail yaitu zoom atau rapat. Dengan adanya fitur zoom, Anda akan terhubung dengan semua orang dalam 1 layar yang terbagi-bagi dengan banyak orang. Untuk masuk ke fitur ini, Anda perlu kode. Setelah kode dimasukkan tinggal klik mulai, semua pihak yang ikut dalam rapat akan nampak jelas. Terdapat juga kolom untuk menyimpan hasil rekaman video yang baru saja Anda lakukan tadi.

Hangouts

Adalah aplikasi obrolan yang tersedia untuk mengobrol antara kontak email yang ada. Jika dulu kolom obrolannya terbatas dalam Gmail saja, kini hangouts bisa diunduh terpisan dan bebas melakukan bentuk komunikasi seperti video call, emoticon, chat, telepon hangouts, update status, mengundang teman, arsip data dan sebagainya. Pokoknya Gmail semakin hari makin juara.

Gmail telah bisa diakses di ponsel android juga agar Anda bisa bekerja lebih mudah dan efektif. Akun dan password Gmail wajib Anda simpan, jangan sampai bocor ke orang lainnya karena semua aplikasi menggunakan 1 dasar email saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *