UMBandung
Sosok

Legenda Persib Encas Tonif Meninggal Dunia

×

Legenda Persib Encas Tonif Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Sumber: Twitter Persib

BANDUNGMU.COM, Bandung — Awan duka menyelimuti Persib Bandung. Salah seorang legendanya, Encas Tonif, meninggal dunia di usia 71 tahun pada Senin (17/04/2023).

“Betul. Saya juga dapat kabar di grup teman-teman pemain. Tadi meninggalnya sekitar jam 13.30 WIB,” kata pemain Persib era 1990-an Asep Sumantri seperti bandungmu.com kutip dari laman resmi Persib.

Encas Tonof aktif sebagai pemain Persib era 1970-an. Bermain di lini pertahanan, pria kelahiran 5 Mei 1951 ini merupakan salah satu bek tangguh buat Maung Bandung dan juga Tim Nasional Indonesia di pengujung dekade 1970-an.

Baca Juga:  Ciro Alves Kagum dengan Dukungan Bobotoh di Stadion

Encas memutuskan gantung sepatu usai pertandingan final Kompetisi Perserikatan 1983 ketika Persib dikalahkan PSMS Medan melalui drama adu penalti di Stadion Utama Senayan Jakarta.

Setelah itu, Encas melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Salah satu prestasinya yang paling dikenang adalah ketika ia membawa Persib menjuarai Piala Soeratin untuk pertama kalinya pada 2003.

Salah seorang pemain andalannya ketika itu adalah Atep yang di kemudian hari menjadi kapten Persib saat menjuarai Liga Super Indonesia 2014.

Baca Juga:  Tanggapan Passos Soal Teja Paku Alam Terkena Kartu Merah

Di tim senior, Encas Tonif sempat menjadi asiten pelatih Indra Tohir di Liga Indonesia 2005 dan Risnandar Soendoro pada 2006.

Encas Tonif terakhir kali berinteraksi dengan Persib dalam acara Sauyunan: Persib Walking Football di Lapangan Soccer Republic pada 24 Mei 2022 lalu.

Selamat jalan sang legenda.***

___

Sumber: persib.co.id

Editor: FA

Seedbacklink