LP3M UMBandung Laksanakan Sosialisasi Struktur Organisasi dan Rencana Kerja

oleh -
Foto: Kang Rey

BANDUNGMU.COM – Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) melaksanakan sosialisasi mengenai struktur organisasi yang baru dan rencana kerja melalui zoom meeting.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Sabtu (06/02/2021) pukul 10.00 WIB dengan dihadiri seluruh Tim LP3M dan ketua program studi atau perwakilannya hadir.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi ini ialah untuk mengenalkan struktur organisasi yang baru berserta rencana kerja yang akan dilaksanakan pada periode 2021-2024. Selain itu, pada kegiatan tersebut juga disampaikan pula visi dan misi LP3M.

”Visi dari LP3M diambil dari RENSTRA yang ada. Jadi, intinya berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berstandar nasional dan internasional nantinya,” jelas Kepala LP3M, Ibu Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, M.S., kepada peserta yang hadir.

Prof. Ellyza juga menyampaikan bahwa arah kebijakan LP3M ialah pada pengembangan penelitian dan pengabdian. Kemudian berperan aktif mengembangkan IPTEK yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga hasil penelitian dosen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

LP3M UMBandung akan menerapkan sistem satu pintu sehingga alur administrasi lebih teratur dan terdokumentasi dengan baik. Jalur komunikasi informasi antara dosen dan LP3M UMBandung difasilitasi melalui grup chat yang dibuat oleh Bidang Sistem Informasi dan Publikasi.

Program Kerja
Program kerja dari Bidang Kerjasama dan Monev di antaranya adalah memfasilitasi kerja sama penelitian dan pengabdian yang di luar Simlitabmas, pembentukan tim reviewer internal, pelatihan calon reviewer, dan pelaksanaan monev internal.

Bidang Penelitian dalam melaksanakan program kerjanya akan berkoordinasi dengan Pusat Kajian di Prodi dan Pusat Kajian Multidisiplin dan Lintas Ilmu.

Program kerja dari Bidang Pengabdian di antaranya adalah melakukan social mapping dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, juga akan ada program KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

Bidang Pusat HKI menargetkan pada 2021 akan ada lebih dari lima belas HKI yang didaftarkan dari UMBandung. Untuk mencapai target tersebut, salah satu program kerja Pusat HKI adalah Gelar Klinik HKI.

”Penelitian dan pengabdian harus dilakukan secara berkelompok. Selain itu, pada Februari-Maret 2021 akan ada beberapa kegiatan LP3M yang dilaksanakan, di antaranya workshop pendampingan penyusunan proposal (15 Februari 2021), seminar penulisan artikel beretika terindeks scopus dan peningkatan kualitas jurnal menuju jurnal terakreditasi (Februari 2021), dan sosialisasi KKN (Maret 2021),” pungkas Prof. Ellyza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *