UMBandung
News

Mahasiswa Prodi KPI UM Bandung Raih Juara Satu Lomba Short Movie Salman ITB

×

Mahasiswa Prodi KPI UM Bandung Raih Juara Satu Lomba Short Movie Salman ITB

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi prodi KPI UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Mahasiswa prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UM Bandung Dzikry Yudha sukses meraih juara satu lomba Short Movie Tarhib Ramadhan 1445 Hijriah yang diselenggarakan P3RI Salman ITB.

Perlombaan ini mengangkat tema ”Dakwah 4.0: Menjemput Hidayah dan Menebar Kebaikan di Era Digital”.

Adapun pengumuman pemenang perlombaan ini berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Salman ITB pada Minggu (10/03/2024).

Perlombaan ini diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Terkait prestasi ini, Dzikry mengaku senang dan bersyukur. Dzikry mengatakan ada beragam tema yang bisa peserta pilih untuk dijadikan bahan pembuatan video.

”Tema yang saya pilih itu seputar momen paling dirindukan di bulan Ramadhan,” ucap Dzikry pada Rabu (13/03/2024).

Baca Juga:  PCIM Arab Saudi Terbitkan Majalah "Al Manarah"

Untuk membuat short movie ini, Dzikry membutuhkan waktu empat hari. Dirinya dibantu beberapa rekannya dari prodi KPI.

”Pada pembuatan video ini saya membawa sembilan orang dari prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, baik sebagai crew maupun talent,” tutur Dzikry.

Dzikry menjelaskan bahwa dalam membuat naskah dan short movie tidak bisa asal-asalan. Namun, perlu riset terlebih dahulu untuk pembuatan naskah yang akan digunakan pada film.

”Selain itu, pengumpulan crew yang satu visi dan misi pun menjadi penting dalam proses pembuatan film,” ujar mahasiswa asal Bandung ini.

Rindu

Pada kejuaraan ini, Dzikry membuat short movie dengan judul ”Hanya Rindu”. Film ini menceritakan seorang anak yang rindu suasana berbuka puasa bersama keluarganya.

Baca Juga:  UM Bandung Siap Gelar Wisuda, Tokoh Ini Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

”Tokoh yang bernama Angga dalam film ini merupakan seorang mahasiswa yang tidak bisa berkumpul bersama orang tua ataupun saudaranya saat ingin berbuka puasa dan sahur,” ungkap Dzikry.

Film ”Hanya Rindu” ingin menyampaikan pesan kepada para penonton agar bisa memanfaatkan momen Ramadhan bersama keluarga.

”Film ini mengajak kepada para penonton untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan kumpul bersama keluarga,” pesan Dzikry.

Meskipun sempat mendapat berbagai kesulitan, Dzikry bersama tim dapat melalui permasalahan tersebut sehingga bisa menjadi juara satu.

Dzikry berharap ke depan bisa terus berkarya dan mengikuti berbagai perlombaan untuk mengukir prestasi yang lebih membanggakan lagi.

”Semoga dengan kemenangan ini, saya bisa mengikuti lomba yang lebih besar lagi, baik di kancah nasional ataupun internasional,” tandas Dzikry yang juga Kabid Minat Bakat Hima KPI.

Baca Juga:  UIN Bandung Gelar Seminar Kewirausahaan Berbasis Budaya dan Lingkungan

Tidak hanya short movie, Tarhib Ramadhan 1445 Hijriah P3RI Salman ITB juga mengadakan berbagai perlombaan lain, seperti tahfidz dan lomba cerdas cermat Islam.

Sementara itu, Ketua Program Studi KPI Rahmat Alamsyah mengapresiasi capaian prestasi yang diraih Dzikry dan kawan-kawan. Ia berharap prestasi ini bisa memantik dan memotivasi mahasiswa KPI lainnya agar bisa berkarya dan menorehkan prestasi juga.

”Kami mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa kami. Melalui film dakwah KPI berkarya dan mendorong kesadaran beragama yang berkemajuan,” ucap Rahmat.***(FK)

PMB UM Bandung