Menikmati Hamparan Indah Bendungan Jatigede dari Atas Bukit

oleh -
Wisata Tanjung Duriat. (Instagram/@tanjung_duriat).

BANDUNGMU.COM – Jawa Barat memiliki banyak keindahan alam yang terkenal di seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Sumedang. Terdapat wisata Tanjung Duriat yang terletak di pesisir barat laut Bendungan Jatigede.

Tempat wisata ini menyajikan indahnya pemandangan bendungan Jatigede dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan. Filosofi ini yang membuat wisata ini diberi nama Tanjung digabung dengan kata Duriat berasal dari Bahasa Sunda yang bermakna kasih sayang.

Lokasi wisata baru yang terletak di Blok Notos Petak 23 a dan 23 b di bawah pemangku RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar ini hasil kerja sama dengan Pemerintah Desa Pajagan Kecamatan Cisitu melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Pajagan.

Wisata Tanjung Duriat ini terkenal dengan papan penanda Tanjung Duriat. Ikonnya berbentuk logo hati. Tempat ini bisa dijadikan tempat untuk berfoto ria bersama teman dan keluarga yang hendak berlibur di akhir pekan.

Selain papan penanda Tanjung Duriat, di objek wisata ini juga terdapat wahana lain yang bisa dijadikan wisata seperti berfoto dengan latar bendungan, naik perahu mengelilingi waduk serta tempat untuk berkemah (camping ground).

Bagi pengunjung yang lapar terdapat warung kuliner yang menyediakan berbagai jenis makanan, ditambah fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, toilet dan mushola.

Untuk mencapai lokasinya bisa menggunakan jalur Situraja – Pajagan ataupun melewati jalur Tomo-Jatigede. Akses jalannya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Bandung.

Tiket masuk pun tergolong murah, bagi pengunjung dikenakan biaya Rp5.000 per orang, Jika menggunakan kendaraan ada tambahan biaya parkir dengan besaran Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp2.000 untuk kendaraan roda dua.

Tertarik untuk mengunjungi Tanjung Duriat sembari wisata di Bendungan Jatigede? (Muslim Yanuar Putra/Ayobandung.com).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *