Edukasi

Moch Sugilaksono Raih Medali Emas dan Perak dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional

×

Moch Sugilaksono Raih Medali Emas dan Perak dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
Moch Sugilaksono (Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung).***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Moch Sugilaksono.

Mahasiswa angkatan 2023 ini berhasil meraih dua medali dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang bertajuk Olimpiade Sains Pemuda Indonesia (OPSI). Pertama, medali emas untuk bidang bahasa Indonesia. Kedua, medali perak untuk bidang bahasa Inggris.

Kegiatan bergengsi yang berlangsung secara virtual ini diadakan oleh Pusat Kajian Kejuaraan Sains Nasional (PUSKANAS) pada 29 Oktober 2023 lalu.

Terkait prestasi prestisius untuk kedua kalinya ini, Sugilaksono pun mengaku bahagia dan bersyukur karena lagi-lagi bisa mengharumkan nama kampus dan keluarga.

Dalam olimpiade ini, Sugilaksono berhasil menyisihkan sebanyak 723 peserta dalam bidang bahasa Indonesia dan 665 orang dalam kategori bahasa Inggris.

Baca Juga:  Pentingnya Optimalisasi Promosi Kampus Muhammadiyah-Aisyiyah Secara Digital

Prestasi ini diraih dengan ikhtiar luar biasa. Sugilaksono mengaku dirinya harus latihan, belajar dengan giat, dan bekerja keras hingga mencapai prestasi menggembirakan dalam olimpiade.

“Aku sangat bersyukur dan senang sekali karena ada peningkatan prestasi dari olimpiade sebelumnya. Ke depannya aku akan terus berusaha dan belajar lebih giat lagi agar memenuhi target yang lebih baik,” tutur Sugilaksono di kampus UM Bandung pada Senin (06/11/2023).

Melalui lagu dan film

Sugilaksono pun membagikan tips dan trik bagaimana meraih prestasi khususnya dalam bidang bahasa asing di sela-sela kesibukan kuliah di UM Bandung. Selain belajar dari lagu-lagu berbahasa Inggris, Sugilaksono juga sering menonton film-film berbahasa Inggris tanpa subtitle sama sekali.

Baca Juga:  Inilah Pengetahuan Tentang Asal-Usul COVID-19

”Selain itu, aku juga suka menonton animasi Disney karena itu membantu aku dalam belajar bahasa Inggris. Termasuk sering mengunjungi pameran pendidikan yang dihadiri kampus-kampus luar negeri. Intinya aku sering memanfaatkan waktu senggang di sela-sela kuliah dengan berbagai kegiatan,” tandas mahasiswa yang mengidolakan Maudy Ayunda (artis, penyanyi, penulis lagu, model) ini.

Dukungan program studi

Terkait prestasi ini, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung Dra Euis Evi Puspitasari MSi pun menyampaikan selamat dan apresiasi tinggi.

“Semoga tidak hanya puas sampai di situ. Prestasi yang diraih ini menjadi salah satu pembuka peluang menguasai bidang ilmu lainnya dan memudahkan jalan kariernya kelak,” tutur Euis.

Baca Juga:  Pembelajaran Tatap Muka, Berikut Strategi SD Muhammadiyah 3 Bandung

Euis melanjutkan bahwa program studi Ilmu Komunikasi selalu mendorong mahasiswanya untuk berprestasi. Hal ini penting karena karier ke depan tidak hanya diperoleh dari prestasi akademis, tetapi dari segi vokasi.

Program studi Ilmu Komunikasi, kata Euis, akan terus mengarahkan dan mendukung minat mahasiswa, misalnya melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di UM Bandung.

”Prestasi ini juga bisa menjadi portofolio untuk mahasiswa, menjadi tambahan SKPI (surat keterangan pendamping ijazah), dan tentu saja sebagai nilai plus dalam berkarier kelak. Sekali lagi selamat kepada Moch Sugilaksono. Semoga ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang lain,” tandas Euis.***(FA)