UMBandung
News

Muhammadiyah dan BCA Syariah Tandatangani Nota Kesepahaman di Yogyakarta

×

Muhammadiyah dan BCA Syariah Tandatangani Nota Kesepahaman di Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Yogyakarta — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menandatangani nota kesepahaman dengan PT. Bank BCA Syariah pada Selasa (2/7) di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto, Syamsul Anwar, Sekretaris Muhammad Sayuti, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Bambang Setiaji, dan Sekretaris Ahmad Muttaqin. Turut hadir pula Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gunawan Budianto, Rektor Universitas Aisyiyah Yogyakarta Warsiti, dan Wakil Rektor II Universitas Ahmad Dahlan Utik Bidayati.

Dalam sambutannya, Haedar Nashir berharap bahwa MoU ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Haedar menekankan bahwa perbankan, terutama milik negara, harus fokus pada peningkatan taraf hidup rakyat. “Perbankan harus direkonstruksi agar dalam menyalurkan dananya dapat meningkatkan taraf hidup rakyat banyak,” ujarnya.

Baca Juga:  SMP Muhammadiyah Subang Jadi Percontohan Sekolah Digital

Haedar juga menekankan pentingnya peran negara dalam memastikan bahwa tujuan ini tercapai. Ia optimis bahwa semua pihak ingin mewujudkan ini, namun sering kali dinamika masing-masing pihak menyebabkan lupa akan tujuan awalnya, sehingga manfaat hanya dirasakan oleh segelintir orang.

Mengutip Bung Hatta, Haedar berbicara tentang ekonomi terpimpin yang mendorong negara untuk hadir dengan kebijakan yang berdampak luas bagi rakyat banyak. Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi ini juga mendorong perbankan untuk menerapkan sistem pemerintahan yang baik dan meritokrasi dalam birokrasi.

Baca Juga:  Jadikan Alquran Sumber Inspirasi untuk Optimis Hadapi Pandemi Covid-19

“Muhammadiyah mendukung sistem pemerintahan yang baik dan profesional, dengan menempatkan orang-orang yang ahli di posisinya. Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, itu akan menyebabkan kehancuran,” katanya.

Haedar menegaskan bahwa posisi penting publik harus diisi oleh orang yang berintegritas dan amanah, agar tidak diselewengkan untuk kepentingan pribadi. Muhammadiyah selalu memiliki etos membangun untuk kepentingan bersama, bukan untuk diri sendiri.

Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengungkapkan bahwa pihaknya telah lama ingin bermitra dengan PP Muhammadiyah karena jaringan Muhammadiyah yang luas di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Jadi Yang Pertama, PT Temanggung Hijau Lestari Wakafkan Saham ke Muhammadiyah Jawa Tengah

“Kami mendapat penghargaan dari OJK sebagai Bank Syariah terbaik untuk pembukaan rekening pelajar,” ungkapnya. Selain itu, BCA Syariah juga fokus pada peningkatan kesejahteraan, terutama bagi perempuan pelaku UMKM, dengan peserta mencapai 1.949 pada 2023-2024.

Nota kesepahaman ini mencakup penyediaan produk dan jasa perbankan BCA Syariah. Perwakilan dari BCA yang hadir adalah Antonius Widodo Mulyono, Direktur BCA Konvensional, Pranata – Direktur, dan Nadia Amalia – Corporate Secretary.***

PMB UM Bandung