Sedang Musim Pelihara Ikan Hias, Cobalah Kunjungi Pasar Ikan Muara di Kota Bandung Ini

oleh -
Ada banyak pilihan jenis ikan di Pasar Ikan Muara yang dipajang pedagang. /Portal Bandung Timur/Robi Gani/

BANDUNGMU.COM – Bagi warga Bandung yang gemar memelihara ikan hias, ada beberapa tempat yang menjual berbagai macam ikan untuk dipelihara yang tidak boleh diabaikan.

Salah satunya Pasar Ikan Muara yang terletak di pinggir Jalan Peta No. 40 Bandung. Pasar ikan ini berada di sebelah barat Monumen Bandung Lautan Api, tepat di depan bekas gedung Departemen Perikanan Kota Bandung.

Di sepanjang jalan tersebut terdapat sejumlah pedagang yang menawarkan ikan hias dan aksesorisnya. Bahkan kalau sore hari, jalanan itu akan dipadati pengunjang sehingga menyebabkan kemacetan.

Pasar Ikan yang selalu ramai ini, setiap harinya buka pada pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Beraneka  ragam satwa laut banyak didagangkan, mulai dari ikan yang digunakan untuk koleksi seperti ikan-ikan hias, hingga ikan yang digunakan untuk peternakan tambak.

Kura-kura dan penyu pun turut diperjualbelikan di pasar ikan ini. Selain berbagai jenis ikan, aksesoris-aksesoris seperti akuarium, batu hias, dan obat-obatan untuk peliharaan binatang air tersebut ikut.

Banyak nama untuk pasar yang sempat beberapa kali pindah ini, mulai ada yang menyebutnya Pasar Ikan Muara karena bersebelahan dengan Perumahan Muara, ada Pasar Ikan Peta, atau Pasar Perikanan.

Pasar Ikan Muara terbilang komplet. Selain menjual banyak jenis ikan hias, di sana juga menjual akuarium yang variatif, pakan ikan yang komplet, aksesori akuarium seperti bunga, mesin pemutar air, mainan, dan rumah ikan lengkap semua. Soal harga, mulai dari yang murah sampai mahal juga ada.

Asep (69) salah seorang pedagang pakan ikan menuturkan, pasar ikan tersebut sudah ada antara tahun 1986-1987.

”Dulu cuma ada tiga pedagang. Saya masih kecil, suka mencari impun sama pakan ikan,” ujar Asep. Seiring berjalannya waktu, Asep akhirnya ikut berjualan di daerah tersebut sampai sekarang.

Cerita lain dituturkan oleh Rukaedy (47), ia menjual ikan koi dan kura-kura. Rukaedy mengaku dirinya sudah 28 tahun menjual ikan.

”Dulu pakai gerobak jualan ke daerah Setiabudi, Sukajadi dan Setrasari. Daerah atas. Sekitar tahun awal tahun 2000, saya mulai berjualan di Pasar Ikan ini,” terangnya.

Sementara Dedi (53) baru tiga tahun berjualan. Itu pun turun-temurun dari tiga generasi.

”Semua bibit dan koi ini dari Sukabumi, dari Cirata juga ada semua bibit unggul,” tutur Dedi.

Ikan arwana, koi, lele, dan kura-kura hanya sebagin kecil saja dari ribuan jenis ikan di sini. Pasar ikan ini dikenal hingga ke daerah luar Jawa Barat. Pembelinya datang dari Sumatera, Jakarta, Banten, sampai Jawa Tengah.

Jika berminat memelihara ikan hias atau sedang  berwisata ke kota Bandung, bisa mampir lihat varian ikan hias Pasar Ikan Muara dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni mulai dari Rp 1.000 sampai Rp15.000.

Penasaran mau mencoba datang ke pasar ikan ini? Selamat berpetualang ya.

Diolah dari beritabaik.id dan jabarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *