Resep Soto Bandung dan Cara Memasaknya Ini Layak Dicoba

oleh -
soto bandung

BANDUNGMU.COMHai…baraya bandungmu sadayana, di tengah musim penghujan ini, cuaca kerap dingin semriwiw. Kita pun mencari-cari makanan yang bisa menghangatkan tubuh.

Dan, tadaa…sekarang ada resep soto Bandung, yang bisa menghangatkan tubuh kita.

Bahan-bahan:

500 gram daging sapi
2 liter air
1 ruas jahe, parut
3 siung bawang putih, parut
3 siung bawang merah, parut
1 ruas langkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
2 buah lobak, iris tipis
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt lada butiran
1 sdt garam

Bahan sambal soto:

15 buah cabai rawit orange
2 siung bawang merah
1/2 sdt garam
Secukupnya kuah soto

Pelengkap:

Sambal soto
Kacang kedelai goreng
Emping
Irisan jeruk nipis
Irisan daun bawang
Bawang goreng

Langkah

Rebus daging sapi bersama garam, daun salam, daun jeruk, sereh, bawang merah, bawang putih, gula pasir, langkuas, jahe, dan air sampai daging empuk. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan daging. Setelah agak dingin, potong potong bentuk dadu. Sisihkan. Setelah itu saring air rebusan daging, sisihkan.

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu masukan kaldu rebusan daging. Masak hingga mendidih. Jika kuah kurang banyak, bisa ditambahkan air lagi secukupnya. Jangan lupa cicipi rasanya.

Setelah itu masukan daging yg sudah dipotong potong dan lobak iris ke dalam kuah soto. Rebus hingga kuah soto mendidih. Siapkan bahan pelengkap dan bahan isian soto.

Membuat sambal soto:

Haluskan (bisa diulek atau blender) cabai rawit orange, garam, bawang merah. Lalu, pindahkan ke dalam mangkuk sambal dan beri secukupnya kuah soto. Aduk rata.

Penyajian: dalam mangkuk, masukan daging, lobak, dan kuah soto. Taburi dengan kacang kedelai goreng, daun bawang iris, dan bawang goreng.

Soto Bandung siap dihidangkan selagi hangat bersama dengan sambal soto, emping, dan nasi putih hangat. Jika suka, bisa ditambahkan kecap manis. Selamat mencoba bu ibuuu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *