Spirit Kemerdekaan, IMM Ajak Semua Pihak Bekerja Sama Atasi Pandemi

oleh -
PC IMM Karawang seusai acara diskusi (Foto: Istimewa).

BANDUNGMU.COM – Beragam cara bisa dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Misalnya kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Karawang, membahas spirit hijrah dan semangat kemerdekaan di Masjid Al-Ghammar, Karawang Barat, Jumat (13/8).

IMM mengajak masyarakat terutama kaum milenial, untuk berjibaku keluar dari pandemi Covid-19, dimulai dari kesadaran diri sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan, dan ikut serta mendukung program vaksinasi.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang IMM Karawang Djamil Redja Nasrullah, persoalan Covid-19 ini sudah menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita harus mulai dari diri sendiri untuk keluar dari pandemi ini. Jadi tidak hanya mengandalkan pemerintah,” jelasnya kepada Radar Karawang.

Lebih lanjut kata Djamil, pemerintah sudah meluncurkan program vaksinasi sebagai upaya untuk menekan angka Covid-19, tinggal kembali kepada masyarakatnya untuk mendukung program tersebut. Kemudian dalam momentum kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun di tengah pandemi ini, dia meminta masyarakat agar tidak saling menuduh siapa yang salah.

“Kita harus merdeka lahir batin melalui muhasabah diri,” ujarnya.

Menurut Djamil, perubahan terbesar itu dapat diraih dengan diri sendiri sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Sehingga jika ingin keluar atau terjadi perubahan besar di tengah pandemi ini, harus dimulai dari diri sendiri

“Kita mulai perbaikan dari diri sendiri sebagaimana metode Rasulullah yaitu ibda binafsik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hikmah IMM Cabang Karawang Dino Robika Patardo meminta masyarakat supaya tetap semangat dalam momentum hari kemerdekaan, meskipun di situasi pandemi.

Kemudian dia memastikan bahwa pandemi ini hanya sementara, dan akan kembali pada kehidupan normal. Kata dia, untuk memutus mata rantai Covid-19 ini perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan non-pemerintahan.

“Sinergitas antara pemerintah dengan lembaga non pemerintahan ini yang harus terus digaungkan. Agar meningkatnya kepercayaan yang timbul dari masyarakat terhadap pemerintah,” pungkasnya.

Dalam kegiatan diskusi yang diinisiasi oleh PC IMM Karawang tersebut, turut diikuti oleh Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Kemudian Domisioner ketua IMM Karawang Iksan Maulana, dan Ketua Pemuda Muhammadiyah Gustiawan hadir sebagai narasumber.

Di sisi lain, pengurus IMM Komisariat Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang resmi dilantik Sabtu (14/8). Ketua Komisariat IMM UBP Karawang Roby Oktavian memaparkan, IMM UBP akan memperkuat budaya literasi kepada masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui hari ini minat baca masyarakat Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara. Hal ini tentu jadi perhatian kita sebagai kaum intelektual, untuk mendorong bagaimana masyarakat peduli terhadap kebiasaan membaca,” paparnya.

Selain itu, Roby mengatakan, kepengurusan IMM UBP akan sering melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan kita sebagai mahasiswa, oleh karena itu hal yang akan sering kita lakukan ialah pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya. (Ed. Feri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *