Tidak Suka Melihat Orang Lain Sukses, Itu Bisa Saja Tanda ”Crab Mentality”

oleh -
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

BANDUNGMU.COM – Keberhasilan dalam bidang tertentu menjadi kebahagiaan bagi yang tidak terhingga bagi setiap orang. Namun, terkadang ada segilinti orang yang tidak suka dan bahkan berpikir untuk menggagalkan kebahagiaan orang lain dengan berbagai alasan.

Kondisi akan ketidaksukaan terhadap raihan kesuksesan seseorang tersebut dikenal dengan istilah crab mentality.

Menurut postingan Instagram @degamasi_umbandung, dilihat Senin (28/09/2021), crab mentality merupakan pola pikir egois dan rasa iri hari atas pencapaian orang lain.

Orang yang memiliki sifat crab mentality muncul ketika kondisi seseorang tersebut merasa terpuruk atau gagal dan memiliki pemikiran bahwa orang lain juga harus gagal atau tidak lebih dari pencapaiannya.

Penamaan crab mentality didasarkan atas suatu kejadian dimana sekumpulan kepiting yang tersimpan di dalam sebuah ember. Salah satu kepiting dalam ember tersebut berusaha keluar untuk menyelamatkan diri.

Kepiting yang lain pun pada akhirnya menarik kepiting yang ingin keluar tersebut agar tidak bisa keluar. Hingga akhirnya cerita tersebut menjadi latar belakang terbentuknya istilah crab mentality.

Ciri crab mentality

Orang yang memiliki crab mentality memiliki ciri-cirinya tersendiri seperti tidak ingin tersaingi, kompetitif tetapi negatif, dan mengakui pekerjaan orang lain yang bukan hasil jerih payahnya sendiri.

Ada beberapa tips untuk menghindari orang-orang yang memiliki crab mentality.

Pertama, dalam mencapai sebuah tujuan, semangat atau kegigihan untuk mencapainya harus tetap dipertahankan. Jangan sampai patah semangat.

Dalam tehap pencapaian tujuan tersebut, value atau nilai yang dimiliki haruslah selalu bertambah agar pencapaian yang diinginkan bisa segera tercapai.

Lalu, ketika merasa gagal dalam pencapaian tujuan, berusahalah untuk mengevaluasi diri. Dengan melakukan hal tersebut, proses pencapaian tujuan bisa diubah dan meningkatkan peluang untuk mencapainya.

Terakhir, ketika ingin mencapai tujuan, usahakan untuk selalu berkumpul dengan orang-orang yang sportif, jangan mendekati orang-orang yang memiliki sifat crab mentality agar tidak terbawa negatif. (Firman Katon)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *