UMBandung
Life Style

Tips Membuat Es Buah Enak di Rumah

×

Tips Membuat Es Buah Enak di Rumah

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi (Istockphoto)

BANDUNGMU.COM, Bandung — Membuat es buah yang enak sangat mudah dan menyegarkan. Es buah lebih enak dikonsumsi saat siang hari ketika sedang gerah atau panas.

Kamu juga bisa membuat es buah di rumah lho. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat es buah yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Buah-buahan segar, seperti semangka, melon, nanas, anggur, mangga, jeruk, atau buah-buahan favorit. Gula secukupnya (opsional). Kemudian siapkan air kelapa atau air mineral. Terakhir siapkan es batu.

Langkah-langkah

  1. Persiapkan buah-buahan segar yang telah dicuci bersih. Potong buah-buahan menjadi ukuran yang sesuai. Misalnya, dadu kecil atau irisan tipis sesuai dengan selera.
  2. Jika ingin rasa manis yang lebih, taburkan sedikit gula ke atas buah-buahan yang telah dipotong. Aduk rata sehingga gula tercampur merata dengan buah-buahan. Bisa juga menggunakan sirup buah sebagai pengganti gula sesuai selera.
  3. Ambil wadah atau mangkuk besar, lalu masukkan buah-buahan yang telah dicampur gula ke dalamnya.
  4. Tuangkan air kelapa atau air mineral ke dalam wadah dengan buah-buahan. Jumlah air yang dituangkan disesuaikan dengan selera. Jika suka es buah yang lebih berair, tambahkan lebih banyak air.
  5. Aduk perlahan agar buah-buahan terendam dalam air kelapa atau air mineral. Pastikan gula larut dan merata di seluruh campuran.
  6. Masukkan es batu ke dalam wadah dengan buah-buahan dan air. Jumlah es batu dapat disesuaikan dengan preferensi terhadap suhu es buah. Jika menginginkan es buah yang lebih dingin, tambahkan lebih banyak es batu.
  7. Aduk campuran es buah secara perlahan sehingga buah-buahan tercampur merata dan air terasa dingin.
  8. Setelah tercampur dengan baik, es buah siap disajikan. Bisa juga menuangkan es buah ke dalam mangkuk atau gelas. Lalu tambahkan beberapa potongan buah di atasnya sebagai hiasan.
  9. Sajikan es buah segera dan nikmati kesegarannya.
Baca Juga:  5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kamu juga bisa menyesuaikan resep ini sesuai dengan selera. Misalnya, dapat menambahkan susu kental manis atau yogurt sebagai tambahan untuk menciptakan variasi rasa yang lebih kaya. Selamat menikmati es buah segar dan lezat.***

PMB UM Bandung