Yuk Cobain Kurupuk Banjur, Kuliner Khas Ramadan di Kota Bandung

oleh -
Kerupuk banjur makanan khas Ramadan yang selalu muncul saat menjelang berbuka puasa. (Foto: Infobdg.com)

BANDUNGMU.COM – Ngomongin kuliner di Kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali resto dan kafe yang menawarkan beribu jenis makanan khas Indonesia ataupun makan dari luar negeri. Apalagi saat ini, banyak jenis makanan yang muncul saat Ramadan saja.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada sebuah kuliner tradisional, yaitu kurupuk khas yang keluar saat Ramadan? Yups bener banget, kerupuk yang dimaksud adalah “kurupuk banjur” yang dalam bahasa Indonesia disebut kerupuk siram.

Kurupuk banjur memang termasuk kuliner jadul. Tidak mengherankan jika namanya tergolong asing di telinga anak muda zaman sekarang.

Kurupuk banjur pada dasarnya merupakan cemilan yang terdiri atas kerupuk aci. Kerupuknya sendiri ada dua jenis, yaitu kerupuk yang berwarna merah ukurannya cukup besar, dan satu lagi warna kuning, ukurannya sama, tetapi bentuknya seperti mie.

Kerupuk tersebut terbuat dari aci yang dicampur bumbu agar rasanya gurih. Cara memasak kerupuk ini tidak digoreng, tetapi disangrai, alhasil aroma kerupuk pun menjadi khas.

Yang membuat khas dari kurupuk banjur ini adalah bumbunya. Kurupuk banjur ini disiram oleh kuah oncom yang rasanya gurih dan pedas. Saat Ramadan cukup banyak penjual kurupuk banjur ini. Kurupuk  ini mudah ditemukan di pasar kaget yang menyediakan hidangan takjil.

Meskipun rasanya sudah lembek karena disiram oleh air kuah oncom, tetapi kerupuk banjur tersebut masih banyak diminati oleh para pemburu takjil. Justru di situlah sensasi rasanya.

Beberapa resto di Bandung pun sudah memasukan kurupuk banjur ke dalam menu mereka. Namun, kurupuk banjurnya sudah dimodifikasi bumbunya menggunakan bumbu kacang dan bumbu pecel.

Jika ingin mencicipi kurupuk banjur ini, tetapi saat tidak Ramadan, kamu bisa coba menu kurupuk banjur yang ada di Warung Talaga, De Tuik cafe, atau di Rumah Mode.

Resep membuat kurupuk banjur: 100 gram oncom, 3 buah cabe merah, 5 buah cabe rawit merah, 3 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 2 cm kencur, 1 sdt terasi, 1 sdt garam, 1 sdt kaldu ayam, 1/2 sdt gula pasir, 500  ml air matang.

Cara membuat: (1) bakar oncom hingga harum; (2) ulek cabe merah, cabe rawit, bawang, hingga halus; (3) campurkan oncom bakar, tumbuk kasar dengan bumbu yang sudah dihaluskan; (5) tumis oncom & bumbu hingga wangi, masukan air; (6) tambahkan garam, kaldu ayam, gula pasir; (7) biarkan hingga mendidih, matikan api; (8) tunggu hingga kuah dingin; dan (9) lalu kuah bisa dituangkan di atas kerupuk.

Diolah dari www.infobdg.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *