Manisnya Wajit Cililin yang Melegenda

oleh -
Wajit Cililin, makanan khas Priangan yang melegenda. (Sumber: https://travel.dream.co.id)

BANDUNGMU.COM – Berkunjung ke Bandung Barat belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh makanan tradisionalnya yang terkenal, yakni wajit. Wajit Cililin adalah makanan manis yang sangat melegenda di Tanah Priangan, khususnya Bandung Raya.

Makanan yang biasanya dibungkus daun jagung kering ini rasanya manis. Memiliki bentuk mengerucut. Caranya membuatnya pun menggunakan bahan-bahan yang familiar. Misalnya beras ketan, gula aren, kelapa, dan sedikit vanili agar wajitnya harum.

Namun jangan salah, meskipun bahan dasarnya mudah didapat, konon makanan manis ini menjadi makanan yang dibuat untuk kaum bangsawan pada zamannya. Beruntunglah zaman sekarang siapa saja dapat mencicipi manisnya Wajit Cililin.

Wajit Cililin cukup populer pada waktu-waktu tertentu, seperti lebaran dan musim haji. Namun jika sudah tidak dapat menahan rasa penasaran untuk mencicipi Wajit Cililin, kamu dapat dengan mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Bandung Barat, khususnya daerah Cililin yang kini sudah terkenal sebagai sentra pembuat wajit.

Proses pembuatan Wajit Cililin pun tergolong sederhana dan masih tradisional. Semua bahan dasar yang sudah disiapkan dicampurkan dalam sebuah wadah besar berisi air. Kemudian dicampur rata dan dipanaskan.

Dalam proses pembuatannya, kamu harus punya tenaga yang cukup kuat untuk mengaduk adonan Wajit hingga tekstur wajit mengental. Jika sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, angkat wajit dan tiriskan sebentar. Kemudian bentuklah adonan wajit menjadi kerucut di atas daun jagung yang kering.

Susun dan rapikan wajit-wajit yang sudah terbungkus di atas nyiru (nampan dari bambu) dan jemur di bawah terik matahari. Jika wajit sudah kering, tekstur yang akan didapat adalah keras di bagian luar dan lembut di bagian dalam.

Wajit Cililin sangat cocok untuk disajikan bersama dengan teh tawar agar tidak terlalu manis saat memakannya. Bisa dijadikan oleh-oleh, cemilan saat berkumpul dengan keluarga, sahabat, atau tamu.

Ketika memakan wajit yang legit ini, kamu pasti akan merasakan sensasi rasa yang berbeda. Aroma harum tekstur wajit dan bungkusnya yang terbuat dari daun jagung kering kecokelatan akan menambah suasana tradisional.

Jika ingin mendapatkan Wajit Cililin yang asli, kamu harus menyambangi Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Dari tol Padalarang, kamu cukup mengambil arah selatan Kabupaten Bandung Barat.

Atau bagi kamu yang hendak mengunjungi Curug Malela, bisa dengan mudah mendapati penganan ini di gerai oleh-oleh yang berjajar sepanjang jalan.

Namun bagi kamu yang tidak berkesempatan mengunjungi daerah Cililin, tidak perlu khawatir. Wajit Cililin dapat kamu temukan di beberapa gerai oleh-oleh khas Bandung seperti di Terminal Leuwipanjang atau Pasar Kosambi.

Tertarik menikmati manisnya Wajit Cililin? Yuk, mampir ke Bandung Barat!

Diolah dari Explorebandungbarat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *