UMBandung
News

Dipimpin Rektor, Sivitas UM Bandung Gelar Aksi Damai Dukung Kemerdekaan Palestina

×

Dipimpin Rektor, Sivitas UM Bandung Gelar Aksi Damai Dukung Kemerdekaan Palestina

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung – Sebanyak 172 perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) pada hari ini, Selasa (07/05/2024), serentak melakukan aksi bela Palestina di seluruh Indonesia.

Di Kota Bandung, Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung dan Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung juga dua di antara yang turun ke jalan membela Palestina.

Hampir seribu sivitas akademik UM Bandung dan Unisa Bandung, dari rektor, unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa berkumpul di depan Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Nomor 22, untuk berorasi mendukung Palestina.

Mereka mengecam dan mengutuk kebiadaban agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina yang hingga detik ini sangat menderita. Bangsa Palestina masih terjajah oleh cengkeraman bengis Israel.

Baca Juga:  Prodi Bioteknologi UM Bandung Gelar Ekspo Produk Penelitian dan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Sivitas UM Bandung berorasi mengutuk keras kekejaman Israel atas Palestina. Mereka juga membawa dan membentangkan spanduk dukungan kepada Palestina. Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto mengatakan aksi ini menjadi pesan penting kepada seluruh dunia terkait penghapusan penjajahan Palestina oleh Israel.

”Gerakan hari ini adalah bagian dari kesadaran bersama seluruh kampus PTMA di Indonesia untuk menyampaikan pesan kepada dunia khususnya bangsa kita untuk memberikan kepedulian kepada bangsa Palestina,” ucap Rektor UM Bandung.

Dirinya berharap antarbangsa untuk bisa saling menghormati dalam rangka mengakhiri persoalan yang terjadi di Palestina. ”Ini bukan soal bangsa Palestina, bukan soal umat Islam, ataupun sentimen keagamaan, tetapi ini adalah semangat kemanusiaan untuk menghapuskan penjajahan,” tegasnya.

Baca Juga:  Tips Manajemen Waktu dari Anggota Dewan Pers untuk Mahasiswa di Era Digital

Rektor UM Bandung juga mendukung memboikot produk-produk yang selama ini mendukung aktivitas penjajahan dan genosida Israel kepada bangsa Palestina.

Sementara itu, dalam orasi lainnya, Ketua DPD IMM Jawa Barat Faisal Amien Prawira mengajak bangsa dan masyarakat Indonesia untuk tidak ragu mendukung kemerdekaan Palestina. ”Bagi kita, tidak ada penjajahan di atas dunia. Hak kemerdekaan harus dirasakan oleh setiap warga dunia,” ujar Faisal.

Faisal berharap aksi damai ini bisa menjadi spirit masyarakat Indonesia untuk selalu menyuarakan hak-hak kemerdekaan bagi seluruh bangsa dan negara yang ada di dunia ini khususnya Palestina.

Pesan untuk dunia

Tidak hanya Faisal, Wakil Ketua PWM Jawa Barat sekaligus dosen UM Bandung Ace Somantri juga berorasi. Ia menegaskan bahwa perlu ada pesan yang masif untuk masyarakat internasional atas tindakan kejahatan yang dilakukan oleh Israel.

Baca Juga:  Di Hadapan 272 Peserta Wisuda UM Bandung, Dadang Kahmad Bagikan Lima Tips Meraih Sukses Menurut Al-Quran

”Tindakan kejahatan kemanusiaan tersebut merupakan pelanggaran dalam perundangan tingkat dunia yang perlu dibawa ke ranah mahkamah militer,” ungkap Ace.

Kegiatan aksi damai ini, kata Ace, menjadi pesan moral kepada masyarakat dunia bahwa tindakan Israel kepada Palestina merupakan kejahatan genosida yang perlu diadili.

”Bila perlu ada lembaga independen tingkat internasional di dunia untuk mengejar, memburu, dan menangkap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk dijadikan sebagai penjahat perang atas apa yang sudah dilakukannya selama serangan ke Palestina,” tandas Ace.***(FA/FK)

PMB UM Bandung