Edukasi

Fauzan Ahsan Hafizhin, Mahasiswa Biologi Raih Juara 1 Lomba Esai Nasional

×

Fauzan Ahsan Hafizhin, Mahasiswa Biologi Raih Juara 1 Lomba Esai Nasional

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM — Fauzan Ahsan Hafizhin, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi Juara Pertama dalam Lomba Esai Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Hewan UGM pada 19-25 April 2021. Lomba esai ini merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati hari kedokteran hewan dunia dan diikuti oleh 141 peserta yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum.

Pada perlombaan tersebut, esai berjudul “PreZTI App (Preventive of Zoonosis Transmission Information Application)” yang ditulis oleh Fauzan berhasil menyabet Juara 1 untuk subtema Pencegahan dan Penanganan Zoonosis mengalahkan kompetitornya yang berasal dari berbagai universitas seperti UGM, ITB, Universitas Udayana, UNPAD, USU, IPB, UNAIR, dan lainnya. Pengumuman pemenang tersebut disampaikan pada acara webinar nasional sebagai puncak peringatan World Veterinary Day FKH UGM pada 25 April 2021.

Latar belakang esai yang ditulis Fauzan adalah kekhawatiran terhadap munculnya penyakit zoonosis dalam beberapa puluh tahun terakhir. Fakta bahwa manusia terlibat dalam kemunculan penyakit menular zoonosis tidak boleh dibiarkan. Covid-19 yang saat ini tengah mewabah menjadi pelajaran penting bagi umat manusia bahwa penyakit zoonosis sangat berbahaya dan dapat berdampak negatif pada hampir semua sektor kehidupan manusia.

“Masyarakat perlu diedukasi tentang pencegahan kemunculan penyakit zoonosis sedini mungkin. Inovasi yang coba saya tawarkan adalah dengan pembuatan aplikasi PreZTI untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan kemunculan penyakit menular zoonosis di masa depan. Aplikasi gawai adalah salah satu media informasi yang dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat di era digital saat ini, “ ungkap Fauzan, seperti dilansir website Fakultas Sains dan Teknologi, Jumat (07/05/2021).

Baca Juga:  Mengapa Bangkai Ikan Halal Dikonsumsi? Inilah Jawabannya!

“Sangat bersyukur, setelah beberapa kali mencoba ikut serta dalam lomba menulis esai, akhirnya pada kesempatan ini saya bisa menjadi juara dan Alhamdulillah langsung juara satu,” tambah Fuazan.

Fauzan juga berpesan kepada teman-temannya untuk tidak menyerah ketika gagal, karena kegagalan adalah awal dari sebuah pencapaian besar. “Sebagai mahasiswa, kita harus bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada, terus tantang dirimu sendiri, terus mencoba, dan jangan cepat merasa puas,” sahut Fauzan.

Dr. Ana Widiana selaku Ketua Jurusan Biologi mengapresiasi pencapaian yang diperoleh Fauzan. “Alhamdulillah, prestasi ini sangat membanggakan. Pencapaian ini mencerminkan bahwa iklim ilmiah di kalangan mahasiswa kami terus meningkat dan mahasiswa kami tidak kalah kompetitif.”