UMBandung
Persib

Gelandang Maung Bandung Dedi Kusnandar Rayakan Gelar Juara Liga 1 dengan Tunaikan Ibadah Haji

×

Gelandang Maung Bandung Dedi Kusnandar Rayakan Gelar Juara Liga 1 dengan Tunaikan Ibadah Haji

Sebarkan artikel ini
Foto: persib.co.id.

BANDUNGMU.COM, Bandung — Gelar juara yang diraih Persib di Liga 1 2023/2024 terasa spesial bagi Rachmat Irianto. Gelandang bertahan Persib ini berhasil mengikuti jejak ayahnya, Bejo Sugiantoro, yang meraih prestasi serupa saat mengantarkan Persebaya Surabaya menjuarai Liga Indonesia pada 1996/1997 dan 2004.

Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, mengakui bahwa prestasi ayahnya lebih dari 20 tahun lalu menjadi motivasi besar baginya dalam berkarier sebagai pesepak bola profesional. “Gelar juara ini menjadi motivasi bagi saya. Saya ingin berada di level yang lebih tinggi dari bapak, karena orang pasti akan membandingkan saya dengan bapak. Akhirnya, saya bisa meraihnya dengan kerja keras,” ujar Rian.

Mengutip laman resmi Persib, Rian menjadi salah satu pemain kunci Persib musim ini, tampil sebagai starter dalam dua pertandingan final, menggantikan posisi Marc Klok yang sempat cedera.

Baca Juga:  Libas Persija 2 Gol Tanpa Balas, Ini Pengakuan Pelatih Persib

Sempurnakan prestasi

Beckham Putra Nugraha melengkapi prestasinya bersama Persib dengan meraih gelar juara Liga 1 2023/2024. Sebelumnya, Beckham telah mempersembahkan trofi juara untuk Persib di tim kelompok umur atau junior.

Persib dinobatkan sebagai juara Liga 1 2023/2024 setelah mengalahkan Madura United di final dengan keunggulan agregat 6-1 (3-0 dan 3-1). Pada leg kedua, Beckham menyumbangkan satu dari tiga gol kemenangan Persib.

Mengawali karier bersama Diklat Persib, pemain bernomor punggung 7 ini pertama kali mempersembahkan trofi juara ketika mengantarkan Persib menjadi juara Elite Pro Academy (EPA) U-16 2018. Di tahun yang sama, Beckham juga membantu Persib menjuarai EPA U-19.

Keberhasilan tersebut mengantarkan Beckham promosi ke tim senior pada Liga 1 2019. Pada musim pertamanya, Beckham langsung dipercaya mendapatkan menit bermain. Debutnya terjadi saat Persib menghadapi PS Tira Persikabo ketika ia baru berusia 17 tahun, 7 bulan, dan 19 hari.

Baca Juga:  Dukungan Bobotoh Jadi Tenaga Tambahan Persib

Prestasi Beckham yang mempersembahkan trofi juara untuk Persib di level junior dan senior menyamai pendahulunya, Muhammad Agung Pribadi, yang mempersembahkan trofi juara untuk Persib di Piala Soeratin 2006 (U-17), ISL U-21 2009/2010, dan ISL 2014.

“Saya sangat bangga karena bisa berproses bersama Persib dari junior hingga sekarang. Sebagai putra daerah dan didikan Persib, saya bangga bisa menyempurnakan prestasi ini,” kata Beckham, Minggu 2 Juni 2024.

Beckham berharap bisa terus memberikan yang terbaik untuk Persib. Pemain yang pernah menjadi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di level junior tersebut berharap bisa meraih gelar individu di level senior. “Yang terpenting ke depannya bisa lebih baik dan terus berproses. Pastinya, setiap laga tampil maksimal untuk tim dan gelar individu adalah bonus,” ucapnya.

Baca Juga:  Hadapi Kompetisi, Persib Bandung Langsung Tancap Gas

Tunaikan ibadah haji

Gelandang Persib, Dedi Kusnandar, langsung terbang ke Tanah Suci setelah berhasil meraih gelar juara Liga 1 2023/2024. Dado, sapaan akrab Dedi Kusnandar, mengaku bersyukur atas dua nikmat yang diberikan Allah SWT, yaitu gelar juara dan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Makkah. “Alhamdulillah tahun ini dapat kesempatan berangkat. Momennya juga pas. Alhamdulillah,” kata kapten Persib ini.

Gelandang bernomor punggung 11 tersebut mengatakan bahwa ia harus sudah masuk Asrama Haji di Indramayu pada 2 Juni 2024 dini hari. “Tanggal 2 Juni dini hari langsung ke Indramayu. Mohon doanya,” ucap Dedi.***

PMB UM Bandung