UMBandung
Persib

Sejarah Julukan “Halik Ku Aing” Robby Darwis

×

Sejarah Julukan “Halik Ku Aing” Robby Darwis

Sebarkan artikel ini
Foto: Youtube Persib

BANDUNGMU.COM, Bandung — Bobotoh Persib Bandung lintas generasi pasti kenal dengan legenda hidup Persib Robby Darwis. Bek Maung Bandung yang tinggi besar berjuluk “Si Bima” pada eranya ini telah menorehkan prestasi bersama Persib.

Ada satu julukan dari bobotoh yang melekat dengan Robby Darwis yakni “halik ku aing” (awas oleh saya) dari dahulu bahkan hingga saat ini masih terngiang.

Seperti apa sih asal-usul julukan itu? Mengutip Youtube Persib, ternyata julukan dari bobotoh itu melekat kepada Robby Darwis saat sang pemain sering bertanding di Stadion Siliwangi Kota Bandung.

Baca Juga:  Semua Pemain Asing Persib Bertahan di Liga 1 2021, Ditanya Soal Gaji: Itu Rahasia Dapur!

Memang pada waktu itu Persib sangat lama bermarkas di Stadion Siliwangi karena zaman dulu belum ada Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion Gelora Bandung Bandung Lautan Api (GBLA) seperti saat ini.

“Saya sering main di Stadion Siliwangi. Stadion satu-satunya pada saat itu. Di era Persyarikatan, Champion Cup, dan pertandingan lainnya semua berlangsung di situ,” tutur Robby.

Robby mengaku kalau Persib main di Stadion Siliwangi belum mencetak gol ke gawang lawang, dirinya sering maju ke depan untuk membantu mencetak gol.

Baca Juga:  Persib Lawan Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat Tanpa Penonton

Saat Robby maju ke depan itu bobotoh seisi stadion langsung menyambut dengan, “Bere jalan, bere jalan” (kasih jalan) dan “Halik ku aing”. Dengan maju ke depan seperti itu, Robby sering mencetak gol.

“Kadang-kadang saya bisa cetak gol. Penetrasi ke depan itu kadang-kadang bisa masuk. Begitu bola saya dapatkan, maju ke depan, bobotoh akan rame-rame ‘Bere jalan, bere jalan’ (kasih jalan). Itu spontanitas bobotoh saja. Terutama bobotoh yang di tribun,” kenang Robby.

Baca Juga:  Persib Lusa Berangkat ke Yogya, Tiga Pemain Tidak Dibawa

Nah, jadi seperti itu asal-usul julukan “Halik Ku Aing” dari legenda Persib Bandung Robby Darwis.***

___

Editor: FA

Seedbacklink