Inilah 6 Jajanan Serba Aci Khas Bandung, Kenyal Mantap nan Lezat!

oleh -
Cireng Saturnus (instagram.com/cirengsaturnus).

BANDUNGMU.COM — Bandung punya segala jenis kuliner yang menarik dan enak. Dari kuliner kelas kaki lima sampai level restoran mewah, di Bandung tersedia. Bagaimana dengan kuliner populer di pinggir jalan yang banyak dicari dan digemari semua orang? Bandung juga punya.

Penasaran? Berikut ulasan jajanan yang terbuat dari aci yang dikutip dari Ayobandung.com, Senin 14 Juni 2021, yang sayang kalau dilewatkan begit saja.

Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Jenis kudapan ini biasanya dijual berbarengan dengan gorengan-gorengan lain khas Bandung, seperti bakwan, tahu isi, dan tempe mendoan. Ketika sudah digoreng, tekstur cireng akan jadi renyah di luar dan kenyal di dalam.

Makin modern, cireng tak hanya disajikan secara polos atau hanya aci digoreng saja. Akan tetapi banyak variasi, seperti cireng isi keju, kornet, ayam, daging sapi, dan lainnya.

Cireng ini sangat cocok disajikan dengan tambahan bumbu lainnya, misalnya saus kacang. Sayangnya, ketika cireng sudah mendingin maka cireng akan menjadi berminyak dan sulit digigit. Jadi sebaiknya segera dimakan selagi masih hangat.

Selain bisa ditemukan di pinggir jalan lewat pedagang kaki lima (PKL), cireng juga bisa dijumpai di Jalan Derwati No. 4 Bandung dan Jalan Saturnus Raya No. 50 Bandung.

Cilok

Jika cireng adalah aci digoreng, maka cilok adalah aci dicolok. Dinamakan cilok karena memang cara penyantapannya aci ini ditusuk (dicolok) menggunakan tusuk sate.

Makanan bulat seperti bakso ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan saus kacang atau saus sambal. Sama seperti cireng, kini cilok sudah banyak variannya. Ada cilok berisi abon, telur, ayam, daging atau sosis. Jajanan murah nan hemat ini bisa ditemui di dekat sekolah-sekolah.

Cimol

Cimol dalam bahasa Sunda berarti aci digemol atau dibulatkan. Cara penyajian cimol ini merupakan perpaduan antara cilok dan cireng. Pertama adonan berbentuk bulat lalu digoreng, dan setelah matang lalu ditusuk menggunakan tusuk sate. Biasanya, cimol yang dijual di pedagang kaki lima sudah menyiapkan bubuk instan penyedap rasa agar rasa cimol makin mantap ketika disantap.

Cilor

Selanjutnya, ada makanan aci lain yaitu cilor. Cilor adalah singkatan dari aci telor. Cilor ini berbeda dengan ketiga jajanan aci lainnya, sebab cilor acinya dipotong-potong menjadi kotak-kotak dan dililit oleh kocokan telur yang digoreng dalam wajan bercetakan bulat.

Kocokan telur itulah yang membuat cilor gurih dan lebih nikmat ketika disajikan secara hangat atau fresh from the oven. Demi menambah cita rasa dan sensasi lain ketika menyantap cilor, biasanya cilor dibalur oleh saus sambal atau bumbu instan penyedap rasa lainnya.

Bakso aci

Jajanan satu ini bentuknya seperti bakso, akan tetapi terbuat dari aci. Bakso aci akan sangat cocok disantap ketika cuaca hujan atau dingin. Sebab, bakso aci bisa disajikan secara kuah dan nonkuah. Bakso aci juga bisa dampingi oleh jajanan lainnya, seperti tahu, cuangki, bakso daging. Bila bakso aci disajikan secara kuah, maka kuah itu akan semakin mantap bila dicampur dengan sambal. Mantap!

Cilung

Sudah bisa menebak apa kepanjangan dari cilung? Ya, cilung adalah aci digulung. Hal unik dari makanan aci ini adalah adonan cilung tidak dibentuk seperti cireng, cilok, dan lainnya, melainkan dibuat lebih cair.

Cara penyajiannya, pertama kocokan telur digoreng di atas wajan tanpa minyak, lalu setelah kering maka adonan cilung dituang sedkit demi sedikit. Bila terlihat kering dan matang, maka barulah cilung digulung menggunakan tusuk sate.

Namun, sebelum digulung, biasanya pedagang cilung menaburkan bubuk instan penyedap rasa. Dalam penyajiannya, cilung juga bisa disantap dengan tambahan bumbu lain, seperti saus sambal atau mayonnaise.

Kamu mau pilih jajanan serba aci yang mana nih? Selamat berkuliner ria ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *