Traveliana

Kampung Cai Ranca Upas, Destinasi Wisata Alam Favorit di Bandung

×

Kampung Cai Ranca Upas, Destinasi Wisata Alam Favorit di Bandung

Sebarkan artikel ini
Foto: www.jetranirezadias.com.

BANDUNGMU.COM – Bandung menjadi salah kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lantaran wisatanya yang terkenal. Berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, sampai dengan wisata kuliner ada di Bandung. Dan salah satu tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi saat ke Bandung adalah Kampung Cai Ranca Upas.

Ada berbagai hal menarik yang bisa Anda dapatkan di kampung Cai Ranca Upas Bandung. Berikut adalah informasi mengenai Kampung Cai Ranca Upas yang bisa Anda jadikan referensi sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk berlibur dan bermalam di sana.

Lokasi Kampung Cai Ranca Upas

Kampung yang ramai dikunjungi wisatawan dan juga banyak digunakan sebagai tempat untuk berkemah satu ini terletak di jalan Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung. Anda bisa pergi ke Kampung tersebut dengan melalui terminal Leuwingpanjang jurusan Leuwingpanjang ke Ciwidey. Apabila Anda sudah sampai di terminal Ciwidey, Anda bisa naik angkutan umum menuju Rancabali.

Angkutan umum yang bisa digunakan adalah angkutan berwarna kuning. Jika Anda masih bingung tentang rutenya, Anda bisa membuka aplikasi penunjuk jalan, atau bertanya dengan warga sekitar. Namun jika Anda sudah sampai di gerbang Kawah Putih setelah turun dari angkutan, Anda hanya perlu masuk dan berjalan kaki sekitar 100 meter, di sanalah tempat Kampung Ranca Upas berada.

Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ranca Upas

Tentu untuk memasuki tempat wisata yang keren satu ini Anda perlu mengeluarkan uang masuk. Namun harganya sangatlah murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 15.000 per orang untuk bisa masuk tempat wisata ini. Apabila Anda membawa kendaraan sendiri,Anda hanya akan dikenakan biasanya parkir sebesar 2.000 untuk roda dua, 5.000 untuk roda empat, dan 20.000 untuk roda 6.

Di dalam Anda akan menemukan berbagai macam wahana dan fasilitas yang sangat menarik dan seru. Apabila Anda hendak mencoba wahana-wahana tersebut, Anda akan dikenakan biaya kembali yang berbeda-beda. Anda bisa menemukan wahana sepeda gunung, painball, fun game, jembatan goyang, bungee trampolin, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Inilah 8 Tips Sebelum Liburan ke Situ Cisanti Bandung

Adapun harga yang ditawarkan untuk tiap wahananyapun bervariatif, mulai dari 10.000 sampai dengan 100.000, bergantung wahana apa yang ingin Anda nikmati. Jika Anda ingin bermain flyng fox, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 15.000. Namun apabila Anda hendak mencoba wahana painball, Anda akan dikenakan biaya 90.000.

Apabila Anda hendak camping pun Anda bisa menyewa berbagai macam peralatan camping di sana. Jadi Anda tak perlu repot-repot untuk membawa peralatan camp dari rumah. Dan sebelum camp, Anda harus membooking area camp terlebih dahulu dengan biaya 500.000 per kelompok. Lalu Anda bisa meminjam tenda, matras, petromax, kayu bakar, sleeping bag, dan peralatan camp lainnya.

Legenda Kampung Cai Ranca Upas

Selain menarik karena berbagai fasilitas yang ditawarkan, Kampung Ranca Upas ternyata juga memiliki legenda, sehingga menarik banyak wisatawan. Menurut mitos yang beredar di sana, kampung ini artinya adalah rawa-rawa, lalu upas berarti penjaga. Konon, dulu ada seorang penjaga rawa-rawa yang berkebangsaan Belanda.

Dan saat orang tersbeut memasuki hutan, ia tidak pernah kembali, bahkan jenazahnya pun tidak ditemukan. Lalu ceritanya berlanjut bahwa arwah penjaga rawa-rawa yang berkebangsan Belanda tersebut seringkali gentayangan di lokasi yang kini menjadi tempat wisata tersebut. Namun itu hanyalah mitos, sementara upas sebenarnya diambil dari nama pohon beracun, antiaris toxicaria.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Alam Terbuka

Apabila Anda pergi ke Kampung ini, Anda dapat memasak sendiri di perkampungan ini dengan memesan kayu bakar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat menyewa berbagai macam fasilitas atau peralatan untuk camping. Sehingga ketika Anda lapar, Anda bisa memasak sendiri bersama teman-teman. Anda bisa membawa bahan-bahan makanannya dari rumah, atau membeli di sana.

Baca Juga:  Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogjakarta, Field Trip With Family (2)

Apabila Anda tidak ingin repot memasak sendiri, Anda dapat pula memesan makanan di warung-warung makan yang ada di sana. Warung-warung di Kampung Ranca Upas akan buka setiap 24 jam, jadi Anda tak perlu khawatir jika lapar di jam berapapun. Ada pula kedai kopi yang bisa Anda jadikan tempat untuk menikmati keindahan alam Kampung Ranca Upas sambil menyeruput kopi hangat.

Tak hanya makanan berat saja, di dalam Kampung Ranca Upas Anda juga bisa membeli jajanan, seperti mie instan atau bakso. Jadi ketika Anda sedang lapar namun belum ingin makan berat, Anda bisa membeli berbagai jenis jajanan di sana, baik bakso, mie instan, maupun jajanan lain yang dijual di dalam Kampung Ranca Upas.

Di tempat ini Anda tak perlu khawatir jika ingin pergi ke kamar mandi atau melaksanakan sholat. Tersedia banyak tempat umum, seperti kamar mandi, tempat untuk mencharger handphone, aula, track sepeda, maupun mushola. Jadi bagi Anda yang beragama Islam, Anda bisa melaksanakan sholat langsung di dalam perkampungan.

Senja & Sunrise yang Keren Bagi Pecinta Fotografi

Apabila Anda adalah pecinta fotografi, Anda bisa menikmati berwisata di Kampung Ranca Upas sampai pagi. Karena di pagi hari, Anda akan mendapatkan pemandangan indah dari sunrise di Kampung Ranca Upas ini. Selain itu ada pula berbagai spot foto perkampungan yang tak kalah unik yang bisa Anda jadikan sebagai objek fotografi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam view foto yang lainnya. Karena kawasan ini sebagian besar merupakan kawasan yang masih dalam daerah hutan lindung. Sehingga hutannya masih asri, dan Anda bisa menemukan berbagai macam satwa liar, seperti monyet, elang, rusa, dan juga berbagai jenis pepohonan, seperti pohon Pasang, pohon Huru, atau pohon Kurai.

Baca Juga:  Rajut Binong Jati, Kampung Pengembang Pakaian Rajut Sejak 1970-an

Penangkaran Rusa di Ranca Upas Ciwidey

Selain bisa menikmati sunrise, di Ranca Upas Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang dipelihara di sana. Anda tak perlu lagi membayar biaya masuk apabila hendak pergi ke penangkaran rusa, karena tiketnya sudah include dengan biaya masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya apabila membeli makanan untuk rusa.

Jadi Anda bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa di sana dan memberinya makan. Akan ada orang yang berjualan makanan rusa, seperti wortel atau sayuran. Jarak Anda dengan rusa bisa sangat dekat saat hendak memberikannya makanan, namun Anda tak perlu khawatir sebab rusa-rusa tersebut sudah jinak dan tidak berbahaya.

Kampung Cai Ranca Upas Buka Selama 24 Jam

Jika Anda hendak ke sini, Anda bisa datang saat menjelang sunset atau sunrise, karena pemandangan dan suasananya begitu menyenangkan. Anda juga bisa menikmati camping dan bermalam di sana jika Anda ingin. Tempat wisata yang masih termasuk kawasan hutan lindung ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi Anda bisa ke sini kapanpun Anda mau.

Saat weekend, biasanya tempat ini akan sangat ramai oleh orang-orang yang hendak mendirikan tenda dan ingin bermalam di sana. Maka Anda bisa memilih sendiri waktu yang tepat dan ingin Anda nikmati di sini. Di tempat ini Anda juga bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik dan unik, apalagi ketika tengah ada sunset atau sunrise.

Nah, itulah tadi berbagai hal menarik yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berwisata di Kampung Cai Ranca Upas, Bandung. Jangan lupa siapkan pula pakaian-pakaian hangat karena di sana udara malamnya cukup dingin. Dan tempat wisata satu ini akan lebih seru apabila Anda nikmati bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Diolah dari www.itrip.id